5 Hal Yang Perlu Dipersiapan Sebelum Memulai Beternak Ayam Broiler

5 Hal Yang Perlu Dipersiapan Sebelum Memulai Beternak Ayam Broiler
0 Komentar

KBEONLINE.ID- Sebelum memulai peternakan selain memahami apa itu peternakan, cara memelihara hewan ternak dengan baik dan benar tentu sangat diperlukan.

Pemeliharaan dalam beternak ayam mencakup menjaga kebersihan kandang, pemberian pakan hingga vitamin pada ayam.

Karakteristik Ayam Broiler memiliki tubuh gemuk. Jika ayam broiler bertubuh kurus maka kemungkinan besar unggas tersebut mengalami malnutrisi. Hal ini dapat terjadi karena pola makan yang tidak baik. Segeralah periksa ayam Anda, karena hal ini dapat mempengaruhi daging ayam tersebut dan produksi telur.

Baca Juga:Ayam Yang Nggak Segar Atau Bahkan Tiren Memiliki Efek Buruk Jika DikonsumsiBerikut Ciri Ayam Potong Segar Dan Bedanya Dengan Ayam Potong Tiren

Karakteristik ayam broiler yang perlu diperhatikan berikutnya adalah nafsu makannya. ayam broiler harus memiliki indikasi nafsu makan yang baik. Jika ayam broiler anda memiliki tanda-tanda kurang nafsu makan segeralah bawa untuk diperiksa. Hal ini dapat terjadi dikarenakan pakan ayam yang tidak sesuai, adanya serangan penyakit dan lingkungan ayam tersebut.

Berikut hal yang perlu diperhatikan:

Persiapan Kandang Ayam

Kandang ayam adalah suatu keharusan sebelum Anda mulai beternak ayam. Umumnya, satu kandang dapat digunakan untuk beberapa tahun ke depan. Jika Anda mengabaikan ini, Anda akan berakhir rugi.

Tinggi dan Lokasi Kandang Ayam

Tinggi sebuah kandang juga perlu diperhatikan agar siklus udara yang didapatkan cukup. Ketinggian kandang juga harus diperhatikan agar sirkulasi udara yang dihasilkan cukup. Ketinggian kandang minimal 2 meter di atas tanah untuk mencegah ayam menghirup amonia.

Posisi kandang itu sendiri harus lebih tinggi dari lingkungan atau sekitarnya. mengapa demikian? Kandang ayam yang baik perlu dilindungi dari genangan air hujan dan banjir yang dapat mempengaruhi vitalitas ayam pedaging.

Lingkungan

Kandang harus mempertimbangkan keamanan saat menciptakan lingkungan yang nyaman bagi ayam. Hama yang dapat mempengaruhi ternak, seperti musang dan tikus, sering menyerang kandang yang tidak aman.

Selain keamanan, kenyamanan hewan itu sendiri harus dipertimbangkan saat membuat kandang. Kandang yang baik membuat ayam tetap hangat sehingga tidak mati kedinginan.

Persiapan Pakan, Air, Obat dan Vitamin

0 Komentar