Berikut Ciri Ayam Potong Segar Dan Bedanya Dengan Ayam Potong Tiren

Berikut Ciri Ayam Potong Segar Dan Bedanya Dengan Ayam Potong Tiren
0 Komentar

KBEONLINE.ID-  Sebagai pembeli yang jeli, penting untuk mengetahui ciri-ciri ayam potong segar dan cara membedakannya dengan ayam tiren.

Perhatikan dengan saksama setiap bagian atau daging ayam potong, jangan buru-buru dibeli hanya karena ayam potongnya kelihatan bersih saja.

Sebelum belanja, bekali dulu dirimu dengan mengetahui ciri-ciri ayam potong segar berikut:

Lalat yang mengerubungi ayam potong dapat dijadikan indikator kesegaran dagingnya

Baca Juga:Ciri-Ciri Ayam Broiler Yang Sering Kamu KonsumsiPerbedaan Ayam Negri VS Ayam Kampung, Hati-hati Dalam Mengkonsumsinya

Jangan keburu risi dulu, justru kebanyakan ayam potong segar akan dikelilingi banyak lalat. Curigalah jika ayam potong yang dijual pedagang justru nggak dihinggapi lalat. Bisa jadi ini merupakan ayam yang sudah disuntik atau mengandung bahan kimia.

Cium bau atau aroma ayam potong untuk mengecek kesegarannya

Pastikan kamu tidak membeli ayam yang baunya amis atau bahkan hampir busuk seperti bangkai. Bisa jadi ini merupakan ayam kemarin yang kualitasnya sudah menurun. Pilihlah ayam yang cenderung nggak berbau. Atau, sekalipun mengeluarkan bau tapi nggak yang terlalu amis.

Ayam potong segar tak memiliki banyak darah atau kalaupun ada juga nggak banyak

Selain mengecek di bagian kulit ayam, kamu juga perlu melihat pada bagian kepala dan lehernya. Pastikan kamu memilih ayam dengan sedikit darah agar lebih mudah dibersihkan dan diolah. Ayam dengan banyak darah menandakan bawah ia ditangani dengan kasar oleh yang menyembelih. Selain susah dibersihkan, ayam dengan banyak darah juga dapat meningkatkan risiko kontaminasi bakteri yang lebih tinggi.

Daging ayam potong segar berwarna putih dengan semburat merah muda

Jika kulit ayam dan dagingnya tampak berwarna putih kemerahan, itu artinya ayam potong masih dalam kondisi segar. Hindari membeli ayam yang berwarna pucat kebiruan atau mengilap karena bisa jadi ini ialah ayam tiren yang sudah diberi zat pengawet seperti formalin.

Tekstur daging ayam potong cenderung lebih kenyal

Beda dengan ayam potong tiren yang agak lembek kalau ditekan, ayam potong segar justru lebih kenyal dan padat. Selain menghindari memilih ayam yang terlalu lembek, jangan pula beli yang berair, hancur, atau bahkan terlalu keras. Kalau lembek dan berair bisa jadi ini ayam tiren, sedang kalau keras merupakan tanda ayam yang disuntik oleh penjual.

0 Komentar