Ini lho Moms Takaran Kebutuhan ASI pada Bayi

Takaran Kebutuhan ASI pada Bayi (Foto/pampers.co.uk)
Takaran Kebutuhan ASI pada Bayi (Foto/pampers.co.uk)
0 Komentar

Jangan khawatir, penurunan berat badan bayi setelah lahir adalah hal yang normal.

Ini adalah keadaan yang umum, tetapi dokter dan perawat akan melakukan pemantauan yang teliti terhadap bayi Moms untuk memastikan kesehatan mereka tetap terjaga.

Pada hari ketiga, perut bayi yang baru lahir akan mulai berkembang dan mencapai ukuran seukuran kenari.

Baca Juga:Saluran Pencernaan Belum Matang Bisa Jadi Penyebab Bayi Muntah Setelah Minum ASITak Perlu Khawatir Moms! Ini Cara Tepat Menangani Bayi Gumoh Setelah Minum ASI

Ini berarti bahwa kebutuhan ASI bayi akan meningkat secara signifikan dalam waktu yang relatif singkat.

Saat ini, perut bayi mampu menampung sekitar 22-27 ml atau ¾-1 ons ASI setiap kali menyusu.

Memberi makan Si Kecil sebanyak 8-10 kali sehari selama minggu pertama setelah lahir akan membantu meningkatkan pasokan ASI dengan cara yang sehat dan memadai untuk kebutuhan masa depan.

Beberapa Moms mungkin memilih untuk menyusui setiap 90 menit, sementara yang lain mungkin memberikan jeda antara 2 atau 3 jam di antara setiap sesi menyusui.

Namun, penting untuk Moms ingat bahwa jeda waktu antara sesi menyusui untuk bayi yang baru lahir tidak seharusnya lebih dari sekitar 4 jam atau bahkan semalaman.

Walaupun waktu peralihan ini bervariasi untuk setiap ibu, umumnya terjadi dalam rentang 24-120 jam setelah proses kelahiran. Namun, beberapa ibu mungkin membutuhkan waktu lebih lama.

Dalam situasi seperti ini, Moms sebaiknya berkonsultasi dengan dokter atau perawat untuk memastikan bahwa bayi baru lahir menerima jumlah nutrisi yang cukup hingga volume ASI meningkat.

Baca Juga:Kenali Penyebab Bayi ‘Gumoh’ atau Muntah Setelah Minum ASIInspirasi Nama Bayi Islami Perempuan Berawalan A Beserta Artinya

Seringkali, pada akhir minggu pertama, ibu-ibu dapat memproduksi sekitar 500 mL atau 16 ½ ons susu dalam periode 24 jam.

Pada sekitar minggu pertama juga, perut bayi akan tumbuh seukuran buah aprikot dan dapat menampung sekitar 45-60 mL atau 1 ½-2 ons susu.

Ketika mencapai usia sekitar 2 minggu, bayi umumnya akan pulih ke berat badan yang normal dan menghasilkan setidaknya 6 popok basah karena buang air besar setiap 24 jam.

0 Komentar