Jangan Boros, Berikut Manfaat Mengelola Pengeluaran yang Harus Kamu Tahu!

Manfaat Mengelola Pengeluaran (Pixabay/stevepb)
Manfaat Mengelola Pengeluaran (Pixabay/stevepb)
0 Komentar

Setelah mengetahui manfaatnya, lalu bagaimana cara menerapkannya?

Cara Mengelola Keuangan

Merancang Rencana Anggaran Bulanan

Dalam merencanakan alokasi anggaran, terdapat berbagai macam metode yang bisa kamu terapka. Salah staunya adalah metode 70/20/10. Metode ini membagi penghasilan bulanan menjadi 70% untuk biaya hidup, 20% untuk tabungan, dan 10% untuk investasi.

Kamu juga bisa menerapkan alternatif metode lain yaitu 40/30/20/10. Metode satu ini mengalokasikan 40% dari penghasilan untuk kebutuhan sehari-hari, 30% untuk kewajiban seperti pembayaran cicilan. Kemudian 20% untuk tabungan, dan 10% untuk amal seperti zakat atau perpuluhan.

Menghindari Impulsif buying

Pembelian impulsif seringkali menjadi penyebab pengeluaran yang tidak terduga. Sebelum melakukan pembelian, berikan diri Kamu waktu untuk berpikir.

Baca Juga:Tips Mengelola Keuangan agar Tidak Boros dan Bisa Mencapai Keseimbangan KeuanganBukan Pelit, Ini Perbedaan Frugal Living dan Pelit

Tanyakan pada diri sendiri apakah Kamu benar-benar membutuhkan barang tersebut atau hanya tergoda pada keinginan sesaat. Jika setelah beberapa hari Kamu masih merasa ingin membelinya, pertimbangkan lagi apakah barang tersebut sesuai dengan anggaran Kamu.

Menerapkan Gaya Hidup Hemat

Menerapkan gaya hidup hemat tidak hanya membantu dalam mengelola pengeluaran, tetapi juga memberikan kontribusi pada keberlanjutan lingkungan.

Pilihlah transportasi umum, hemat penggunaan energi di rumah, dan pertimbangkan untuk memilih barang-barang berkualitas tinggi yang tahan lama daripada produk yang lebih terjangkau tetapi memiliki umur pakai yang singkat.

Menetapkan Batas Penggunaan Kartu Kredit

Manajemen yang bijak terhadap kartu kredit menjadi penting agar tidak menimbulkan masalah. Disarankan untuk selalu membayar tagihan kartu kredit secara penuh setiap bulan guna menghindari dikenakannya biaya bunga yang tinggi. Jika memungkinkan, sebaiknya batasi penggunaan kartu kredit hanya untuk keadaan darurat.

Nah itulah manfaat dan cara yang bisa kamu lakukan dalam rangka mengelola pengeluaran.**

Laman:

1 2
0 Komentar