Jangan Berlebihan Mengkonsumsi Sawo Efek Samping Memicu Masalah Pencernaan

Jangan Berlebihan Mengkonsumsi Sawo Efek Samping Memicu Masalah Pencernaan
0 Komentar

KBEONLINE.ID- Jika mengkonsumsi buah sawo berlebihan maka akan membuat saluran pencernaan beberapa masalah seperti kembung, kram perut, sembelit, dan lain-lain.

Sawo merupakan buah berwarna kecoklatan dengan rasa manis dengan tekstur yang lembut serta manfaat yang melimpah. Manfaat sawo tidak lepas dari kandungan nutrisinya yang beragam, termasuk berbagai vitamin dan mineral.

Kandungan yang ada dalam buah sawo salah satunya kaya akan serat dan tanin yang berlimpah dalam buah sawo dapat membantu memperlancar sistem pencernaan.

Baca Juga:Banyak Yang Tidak Tahu Manfaat Buah Sawo Yang Baik Untuk kesehatan TubuhTomat Rasanya Hambar Tapi Manfaat Baik Untuk Kesehatan Mata, Kulit dan Juga Imun Tubuh

Serat di dalam sawo dapat membantu meringankan berbagai gangguan pencernaan, seperti sembelit, diare, wasir alias ambeien.

Selain itu, kandungan senyawa tanin yang terkandung di dalam buah ini bisa membantu membunuh berbagai bakteri, seperti Shigella, Salmonela thypii, dan Escherichia coli (E. coli).

Dilansir pada Indonesiabaik.id, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menganjurkan bahwa seseorang dapat mengonsumsi sayuran dan buah sebanyak 400 gram per hari.

Pada jumlah tersebut terdiri dari 250 gram sayur serta 150 gram buah per orang untuk setiap harinya.

Satu buah sawo berukuran sekitar 170 gram mengandung 140 kalori dan 9 gram serat makanan.

Merujuk pedoman tersebut, jika kamu konsumsi satu buah sawo matang per hari termasuk cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh kita untuk mengkonsumsi buah-buahan.

Sawo umumnya aman untuk kebanyakan orang jika dikonsumsi dalam jumlah sedang, seperti menurut laman Netmeds.

Baca Juga:Mau Hemat Liburan di Tahun Baru? Ikuti Tips Gampang Ini5 Tempat Liburan Hari Natal 2023 Dan Tahun Baru 2024 Di Jakarta

Namun, makan sawo berlebihan atau pada individu dengan kondisi kesehatan tertentu dapat menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan.

Namun, memakan nya terlalu banyak asupan serat justru berbalik menyerang sistem pencernaan serta memicu beberapa masalah, seperti kembung, kram perut, sembelit, diare, dan dehidrasi.

Dengan begituh, seharsnya jangan mengkonsumsi secara berlebihan atau terlalu banyak, terutama dalam waktu yang bersamaan, karena berlebihan itu tidak baik juga.

0 Komentar