DPD KNPI Karawang Gelar Simposium Pemuda dan Deklarasi Pemilu Dama, Tujuannya Menjaga Kualitas Demokrasi

DPD KNPI Karawang Gelar Simposium Pemuda dan Deklarasi Pemilu Dama, Tujuannya Menjaga Kualitas Demokrasi
0 Komentar

KBEONLINE.ID- DPD KNPI Karawang gelar Simposium Pemuda dan Deklarasi Pemilu Damai 2024 dengan tema Peningkatan Kesadaran Politik dan Hukum Pemuda dalam Mewujudkan Demokrasi 2024 yang Berintegritas. Kegiatan digelar di Aula Husni Hamid, Kamis 28 Desember 2023.

Ketua Panitia Pelaksana, Ahmad Sobirin, mengatakan, kegiatan dilakukan sebagai upaya membangun dan memperkokoh kesadaran berpolitik pemuda, serta menumbuhkan peran aktifnya dalam menjaga partisipasi dan kualitas Pemilu.

“Bagaimana kesadaran politik pemuda bisa dilakukan dengan benar. KNPI dengan 73 OKP dan 30 DPK sangat berpotensi dalam menjaga kualitas berdemokrasi, juga keharmonisan dalam menjaga keutuhan bangsa,” ujar Ahmad Sobirin.

Baca Juga:Pj Bupati Bekasi Kunjungi Sumber Minyak Baru di Tambelang, akan Menjadi Tambahan Pendapatan Negara dan Potensi Bagi Hasil untuk DaerahKecamatan Tambelang Minta Pertamina EP Berikan Keadilan Warga,  Masa Uang Kompensasi Warga Cuma Rp 50 Ribu

Kegiatan diikuti oleh para anggota KNPI beserta anggota-anggota OKP dan DKP, juga mahasiswa se-Karawang.

Dalam giat tersebut, Bendahara DPD KNPI Karawang, Syahid yang mewakili Ketua DPD KNPI Karawang menyampaikan, kegiatan tersebut merupakan agenda tahunan KNPI Karawang. Kegiatan tersebut, lanjut dia, merupakan yang ketiga kalinya.

“Sebelumnya, beberapa kegiatan sudah kita laksanakan, salah satunya Diklatpim Pemuda. Dan tahun ini, karena bertepatan dengan momentum Pemilu, panitia mengusulkan untuk menggelar kegiatan ini,” ujar pria yang akrab disapa Kang Syahid dalam sambutannya.

Kang Syahid menuturkan, tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk menumbuh kembangkan pemahaman tentang berdemokrasi dan Pemilu.

“Kami memandang, proses Pemilu ini harus dikawal dan terus ditumbuhkan kesadarannya di kalangan generasi muda. Kita masih melihat bahwa pemilu ini atau proses demokrasi masih sekedar memilih pemimpin. Tetapi lebih dari itu, kontestasi tidak hanya sekedar memilih, tapi bagaimana mewujudkan tata kelola, bagaimana mewujudkan cara kita bermasyarakat yang bermartabat atau berintegritas,” katanya.

Di tempat yang sama, Ketua Harian KNPI Jabar, Ichsanudin mengatakan, dalam pelaksanaan Pemilu 2024 ini, kesadaran masyarakat terutama di kalangan stakeholder di Karawang ini semakin meningkat. Sebab tanpa itu semua, angka golput di Karawang tidak akan pernah surut.

“Di Kabupaten Karawang ini termasuk tiga besar yang memiliki prestasi angka pragmatisme politik. Untuk itu, saya mengajak untuk bersama-sama menjadi pelopor, menjadi duta anti golput dan pragmatis,” katanya. (siska )

0 Komentar