Pencairan 3 Bansos Dikebut Turun Serentak Bulan Januari Ini, Dituding Bakal Jadi Alat Politik, Diminta Tunda Setelah Pemilu

Pencairan 3 Bansos Dikebut Turun Serentak Bulan Januari Ini
Pencairan 3 Bansos Dikebut Turun Serentak Bulan Januari Ini
0 Komentar

Todung menyadari sarannya terkait penundaan pembagian bansos tersebut akan menuai pro dan kontra karena menyangkut kebutuhan rakyat Indonesia. Namun, dia menegaskan hal tersebut perlu dilakukan untuk memastikan pemilu berjalan adil dan lancar.

“Saya tadi mengatakan bahwa apa yang saya katakan itu, mengenai penundaan bansos itu tidak populer, pasti banyak yang tidak suka pasti saya akan dikritik, mungkin saya akan dibully setelah ini. Silahkan saja, tapi saya bicara dalam tatanan public policy, kebijakan publik,” kata dia.

“Jadi menurut saya hal-hal semacam ini potensi pelanggarannya sangat banyak karena itu dalam public policy itu diminta untuk ditunda sampai proses Pemilu selesai,” pungkasnya.

Ganjar: Jangan Dipolitir

Baca Juga:Selebgram Tante Ernie Moveon di Tahun Baru, Mengakui 2023 Menjadi Tahun Terberat dalam HidupnyaBukan Sesar Lembang, Gempa Sumedang Ternyata Berasal dari Sesar Tampomas

Sementara Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo meminta jangan ada politisasi terkait pembagian bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat menjelang Pemilu 2024. “Jangan dipolitisasi (bansos, red), karena itu haknya rakyat, begitu, ya,” kata Ganjar selepas blusukan ke Pasar Kebon Agung, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah,

(30/12). Mantan gubernur Jawa Tengah (Jateng) itu mengatakan pada tahun politik seperti sekarang ini, bansos telah menjadi komoditas yang berbau politik.

“Sekarang bansos sudah menjadi komoditas yang baunya politik, ya. Dulu, ada yang menyampaikan jangan pilih Ganjar, nanti dia akan menghentikan bansos.

Statement (pernyataan) seperti itu rasa-rasanya tidak ngerti aturan, gitu,” tuturnya.

Ganjar menerangkan penyaluran bansos merupakan program pemerintah melalui Kementerian Sosial RI yang dijalankan setelah mendapat persetujuan DPR RI.

Diketahui, Ganjar memulai rangkaian kampanye di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu dengan menyapa warga dan pedagang di Pasar Kebon Agung.

Ganjar sarapan bersama warga di Warung Soto Mbah Lanjar yang berada tidak jauh dari pasar. Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menerima pendaftaran tiga bakal pasangan capres-cawapres, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Pandangan PAN

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) menanggapi terkait permintaan agar pemerintah menunda penyaluran bansos sampai Pemilu 2024 selesai. Menurut Zulhas, justru bansos saat ini sangat dibutuhkan masyarakat dan tak boleh ditunda.

0 Komentar