Hujan Angin Sudah Datang, Inilah 10 Cara Menyelamatkan Diri dari Angin Puting Beliung

10 Cara Menyelamatkan Diri dari Angin Puting Beliung
10 Cara Menyelamatkan Diri dari Angin Puting Beliung
0 Komentar

KBEONLINE.ID- Berikut 10 Cara Menyelamatkan Diri dari Angin Puting Beliung.  Waspada dengan tanda-tanda akan terjadinya angin puting beliung, kamu harus mengetahui bagaimana cara menyelamatkan diri dari angin puting beliung, simak penjelasannya berikut ini.

Angin puting beliung dapat merobohkan dan merusak sebuah rumah dan pohon tumbang, selain itu angin puting beliung menyapu semua benda yang dilewatinya hingga terbang-terbang ke awan.

Penyebab terjadinya angin putih beliung dapat terjadi karena faktor alam. Angin puting beliung adalah Pusaran angin kencang dengan kecepatan 120 km/jam atau lebih. Bencana alam ini sering terjadi pada masa peralihan musim.

Baca Juga:6 Cara Sederhana untuk Mencegah Terjadinya Banjir di Sekitarmu.. !SERBU….!! Tiket Promo Waterboom Wonderland Adventur Karawang, Liburan Berlanjut Bareng Anak-anak Tercinta 

Penyebab terjadinya angin puting beliung adalah karena terjadi arus udara yang naik ke atas dengan tekanan cukup kuat akibat perbedaan suhu dingin dan panas di dalam awan.

Pada proses inilah, hujan belum turun karena titik-titik air masih tertahan oleh udara yang bergerak naik ke atas. Kemudian, fase tersebut akan sampai pada waktu ketika titik-titik air tidak lagi bisa tertahan oleh udara yang menuju ke ata

Maka dari itu kerusakan yang terjadi ini dapat merugikan masyarakat, hingga dapat menyebabkan nyawa seseorang hilang jika kamu terbawa angin yang kencang, lebih waspada jika melihat terjadi ciri-ciri angin puting beliung.

Saat ini di Indonesia saat ini memasuki puncak musim hujan yang ditandai adanya hujan setiap hari, baik di pagi hari atau siang hari atau malam hari bahkan sepanjang hari.

Perlu diwaspadai, hujan yang deras disertai dengan angin kencang kemudian berubah menjadi bencana angin puting beliung, yakni angin berputar yang dapat merusak apa saja yang dilewatinya karena kecepatan angin yang luar biasa.

Anda perlu mengetahui ciri-ciri angin puting beliung. Dikutip dari laman BPBD Provinsi NTB, berikut ciri-cirinya adalah:

1. Udara terasa panas dan gerah (sumuk).

2. Di langit tampak muncul berangsur awan cumulus (awan putih bergerombol yang berlapis-lapis).

0 Komentar