6 Cara Sederhana untuk Mencegah Terjadinya Banjir di Sekitarmu.. !

6 Cara Sederhana untuk Mencegah Terjadinya Banjir di Sekitarmu.. !
0 Komentar

KBEONLINE.ID- Saat musin hujan tiba, harus waspada akan terjadinya masalah banjir, inilah 6 cara untuk mencegah dan menanggulangi bencana banjir, simak penjelasannya di bawah ini.

Biasanya banjir dapat terjadi Banjir di sungai, ketika alirannya melebihi kapasitas saluran air, terutama di kelokan sungai. Banjir sering mengakibatkan kerusakan rumah dan pertokoan yang dibangun di dataran banjir sungai alami.

Meski kerusakan akibat banjir dapat dihindari dengan pindah menjauh dari sungai dan badan air yang lain, orang-orang menetap dan bekerja dekat air untuk mencari nafkah dan memanfaatkan biaya murah serta perjalanan dan perdagangan yang lancar dekat perairan.

Baca Juga:SERBU….!! Tiket Promo Waterboom Wonderland Adventur Karawang, Liburan Berlanjut Bareng Anak-anak Tercinta Kondisi Taman Buah Mekarsari Sepi Pengunjung! Akan Bangkrut kah? 

Manusia terus menetap di wilayah rawan banjir adalah bukti bahwa nilai menetap dekat air lebih besar daripada biaya kerusakan akibat banjir periodik.

berikut cara menanggulangi masalah bencana banjir:

Membuang sampah pada tempatnya

Banyak sekali sebagian masyarakat yang belum menyadari betapa pentingnya untuk menjaga kebersihan, salah satunya yang masih sering terjadi dilakukan  oleh masyarakat indonesia membuang sampah sembarangan terutama membuang sampah ke sungai, tentu hal ini akan memberikan dampak buruk di kemudian hari yang akan terjadi.

Jika kamu membuang sampang sembarangan seperti sungai, selokan, dan pembuangan air maka itu menjadi penyebab terjadinya peenghambatan air yang akan mengalir, itu akan terjadi masalah jika air tidak mengalir dengan baik.

Padahal sampah yang menumpuk dapat menyebabkan terjadinya banjir saat curah hujan sedang tinggi. Pengelolahan sampah yang tepat bisa membantu mencegah dan mengatasi serta mengurasi air yang akan menyalir ke laut agar terhindsari dari masalah banjir.

Rutin Membersihkan Saluran Air

Jika disekitar kamu terdapart saluran air, bersihkan secara rutin, agar terhindari dari sampah yang menumpuk.

Perbaikan dan pembersihan saluran air tentu harus ada. Di wilayah tertentu bisa mengadakan secara gotong royong. Penjagaan ini harus dilakukan secara terus menerus dengan waktu berkala. Hal ini bertujuan agar saat terjadi hujan deras, air tidak akan tersumbat dan mampu mencegah terjadinya banjir.

0 Komentar