Bulan Rajab Telah Tiba, Yuk Cari Keutamaan Amal dan Hidup, Baca Doa Bulan Rajab

Bulan Rajab Telah Tiba
Bulan Rajab Telah Tiba
0 Komentar

4. Tercatat di Langit

Diriwayatkan dari Abu Said al-Khudri, Rasulullah SAW bersabda, “Bulan Rajab adalah bagian dari bulan-bulan yang mulia dan hari-harinya tercatat di pintu-pintu langit yang keenam. Barangsiapa berpuasa satu hari di dalamnya karena dasar takwa kepada Allah, maka pintu langit dan hari itu berkata, ‘Ya Rabbi, ampunilah ia’.”

5. Pintu Masuk Ramadan

Bulan Rajab menjadi penanda bahwa bulan Ramadan akan segera tiba. Sebab, bulan ini terletak pada dua bulan sebelum Ramadan yakni, bulan ketujuh dalam kalender Hijriah.

6. Dimuliakan Allah SWT

Islam memiliki dua belas bulan yang empat bulannya dinyatakan sebagai bulan-bulan mulia (asyhur al-hurum). Keempat bulan tersebut adalah Zulka’dah, Zulhijah, Muharram, dan Rajab.

Baca Juga:Penjualan Ritel Daihatsu selama Tahun 2023 Didominasi oleh Daihatsu Sigra Disusul Gran Max PU dan TeriosMarbot Masjid di Perumahan Majalaya Digerebek Warga karena Diduga Cabuli Anak di Bawah Umur

Hal tersebut berdasarkan firman Allah SWT yang termaktub dalam surah At-Taubah ayat 36,

اِنَّ عِدَّةَ الشُّهُوْرِ عِنْدَ اللّٰهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِيْ كِتٰبِ اللّٰهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ مِنْهَآ اَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۗذٰلِكَ الدِّيْنُ الْقَيِّمُ ەۙ فَلَا تَظْلِمُوْا فِيْهِنَّ اَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِيْنَ كَاۤفَّةً كَمَا يُقَاتِلُوْنَكُمْ كَاۤفَّةً ۗوَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ مَعَ الْمُتَّقِيْنَ ٣٦

Artinya: “Sesungguhnya bilangan bulan di sisi Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) ketetapan Allah (di Lauh Mahfuz) pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menzalimi dirimu padanya (empat bulan itu), dan perangilah orang-orang musyrik semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya. Ketahuilah bahwa sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang bertakwa.”

Bulan Rajab memiliki doa khusus yang dianjurkan untuk dibaca oleh umat Islam. Doa tersebut dibaca oleh Rasulullah SAW pada bulan Rajab.

“Dari Anas bin Malik, bahwa Nabi Muhammad SAW disaat memasuki bulan Rajab beliau berdoa, ‘Ya Allah, berikanlah keberkahan kepada kami di bulan Rajab dan Sya’ban serta pertemukanlah kami dengan bulan Ramadan’.” (HR Al-Baihaqi dan lainnya)

Selain membaca doa, muslim juga dianjurkan memperbanyak istighfar di bulan Rajab sebagaimana yang diriwayatkan oleh Sayyidina Ali RA,

“Perbanyaklah istighfar di bulan Rajab. Sesungguhnya Allah Ta’ala membebaskan hamba-hambanya setiap saat di bulan itu, dan sesungguhnya Allah Ta’ala mempunyai kota-kota di Jannah-Nya yang tidak akan dimasuki kecuali oleh orang yang berpuasa di bulan itu.”

Selain itu, ada riwayat hadits yang menyebutkan tentang anjuran berpuasa di bulan Rajab. Salah satunya diriwayatkan oleh Muhammad al-Khalal dari Ibnu ‘Abbas RA, “Berpuasalah di hari pertama bulan Rajab adalah penebus (dosa) selama tiga tahun, di hari kedua adalah penebus dua tahun dan di hari ketiga adalah penebus satu tahun, kemudian setiap satu hari (setelah itu) penebus satu bulan.”

0 Komentar