Microsoft Excel merupakan perangkat lunak yang umumnya digunakan di lingkungan kerja. Karenanya kamu perlu mengetahui kumpulan rumus excel agar lebih mudah untuk mempelajarinya.
Saat ini, banyak pekerjaan mengharuskan para pencari kerja memiliki keterampilan menggunakan Excel, termasuk profesi seperti akuntan, data analyst, dan pemasaran.
Excel digunakan untuk mengorganisir berbagai tingkat data, mengelola teks, serta membuat diagram dan grafik, mulai dari yang sederhana hingga yang kompleks.
Baca Juga:Moms Harus Tahu! Inilah Tanda Bayi Muntah Setelah Menyusu Karena AlergiMoms, Kenali Tanda Bayi Gumoh Karena Galaktosemia
Dasar untuk Mempelajari Rumus Excel
Menguasai rumus Excel merupakan suatu keharusan dalam menjalankan aplikasi Excel, dan setiap rumus harus dimulai dengan tanda sama dengan (=).
Rumus Excel terbagi menjadi dua kategori utama, yakni rumus Formula dan rumus Function. Bagaimana perbedaannya?
Rumus Formula adalah rumus yang secara manual diketik oleh pengguna Excel, seperti contoh rumus “=B1+B2+B3” atau “=C1-C2/C3”.
Sementara itu, Rumus Function adalah templat rumus yang sudah disediakan oleh Microsoft Excel, seperti contoh rumus “=SUM(A1:A3)” atau “MIN(A1:A5)”.
Di lingkungan profesional, kedua jenis rumus tersebut seringkali digunakan. Rumus formula umumnya digunakan untuk data-data yang bersifat sederhana, sementara rumus function lebih sering diterapkan pada pengolahan data dengan skala besar.
Secara umum, di dunia kerja, rumus Excel yang paling umum digunakan adalah rumus function. Keunggulan ini disebabkan oleh variasi dan kemudahan penggunaan yang dimiliki oleh rumus function.
Cara penggunaan Rumus
Dalam penggunaan rumus Excel, terdapat tiga komponen utama yang harus diperhatikan, yaitu tanda sama dengan “=”, nama function (seperti SUM, MIN, IF), dan rentang sel yang diambil datanya (misalnya, klik sel A1 sampai A3, dituliskan sebagai A1:A3). Tetapi, terdapat cara yang lebih mudah untuk memanfaatkan rumus Excel!
Caranya adalah sebagai berikut:
Baca Juga:Begini lho Moms, Tips Mencegah Bayi Gumoh Setelah MenyusuIbu Hamil Siap-siap! Kebutuhan ASI untuk Bayi di 5 Hari Pertama Ternyata Segini
- Klik sel yang akan menampilkan hasil data kalkulasi.
- Pilih menu “Formulas” yang terdapat di toolbar Microsoft Excel.
- Klik opsi “AutoSum” dan tentukan rumus yang ingin digunakan.
- Pilih sel yang ingin dihitung datanya.
- Tekan tombol enter pada keyboard, dan hasil kalkulasi akan ditampilkan.
Untuk memaksimalkan penggunaan Microsoft Excel, disarankan untuk mempelajari 20 rumus Excel berikut ini agar dapat mempermudah pekerjaan dan memahami fungsinya!