Catat Ini! Kumpulan Rumus Excel untuk Kamu yang Baru Belajar

Rumus Microsoft Excel (Foto/Microsoft)
Rumus Microsoft Excel (Foto/Microsoft)
0 Komentar

=TRIM(A3)

AND

Rumus Excel AND digunakan untuk menentukan benar (TRUE) atau salah (FALSE) pada data dalam sel dengan menggunakan rumus logika.

Contoh penerapannya adalah ketika ingin mengetahui “apakah nilai A1 lebih dari 75 dan kurang dari 100?”. Rumus ini menghasilkan TRUE jika data pada sel memenuhi kriteria, dan sebaliknya:

=AND(A1>75;A1<100)

OR

Sama seperti rumus AND, rumus OR juga menentukan kebenaran atau ketidakbenaran data dalam sel. Perbedaannya, rumus AND memerlukan pemenuhan semua kriteria logika, sementara rumus OR dapat memenuhi salah satu kriteria logika.

Baca Juga:Moms Harus Tahu! Inilah Tanda Bayi Muntah Setelah Menyusu Karena AlergiMoms, Kenali Tanda Bayi Gumoh Karena Galaktosemia

Sebagai contoh, jika terdapat data angka dan ingin mengetahui “apakah nilai A1 kurang dari 60 atau lebih dari 90?”, rumus yang digunakan adalah:

=OR(A1<60;A1.90)

NOT

Rumus Excel NOT merupakan kebalikan dari rumus AND dan OR. Hal ini karena rumus ini menghasilkan TRUE pada data yang tidak memenuhi kriteria.

Sebagai contoh, apabila ingin mengetahui “apakah nilai A1 tidak lebih dari 100?”, dan jika angka tersebut kurang dari 100, maka hasilnya TRUE. Rumus yang digunakan adalah:

=NOT(A1>100)

VLOOKUP

Rumus Excel VLOOKUP memang tergolong kompleks dan memerlukan pemahaman yang baik. Namun, jika tujuan dan penggunaannya dipahami dengan baik, penggunaan rumus ini dapat membuat pekerjaan lebih efisien dan ringkas. VLOOKUP digunakan untuk mencari data secara vertikal dalam suatu tabel. Berikut adalah format rumusnya:

=VLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,[range_lookup])

Penjelasan:

– Lookup_value: Merupakan nilai atau sel yang ingin dicari.

– Table_array: Menunjukkan sel atau tabel yang dijadikan referensi pencarian.

– Col_Index_num: Menunjukkan nomor kolom yang akan diambil nilainya.

– Range_Lookup: Dapat dikosongkan atau diisi dengan “True” untuk tabel yang terurut, diartikan sebagai mencari nilai yang sama atau kurang dari. Juga dapat diisi dengan “False” untuk tabel yang tidak harus terurut dan diartikan sebagai pencarian nilai yang sama persis.

HLOOKUP

Mirip dengan VLOOKUP, rumus Excel HLOOKUP juga digunakan untuk pencarian data, tetapi fokusnya adalah pada data-data horizontal atau mendatar. Rumus yang digunakan adalah:

0 Komentar