15 Rumus Excel Paling Sering Digunakan di Dunia Kerja

Microsoft Excel (Foto/Microsoft)
Microsoft Excel (Foto/Microsoft)
0 Komentar

Penggunaan rumus excel memang dapat membantu dalam menyelesaikan tugas dalam dunia kerja. Setidaknya ada 15 rumus excel paling sering digunakan yang dapat kamu pelajari.

Manfaat dari penggunaan rumus Excel sangat beragam, salah satunya adalah kemampuannya memberikan perhitungan dengan akurasi tinggi, terutama ketika menangani data dalam jumlah besar.

Yuk simak 15 rumus excel paling sering digunakan dalam dunia kerja berikut ini!

Baca Juga:5 Rumus Dasar Excel yang Wajib Kamu Ketahui10 Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan

Contoh penggunaannya adalah saat mencari nilai maksimum dan minimum dari data penjualan selama Januari 2020 hingga Januari 2021. Silakan masukkan data penjualan pada satu sel secara berurutan (misalnya dari sel A2 hingga A13), lalu gunakan rumus berikut:

Terbesar: =MAX(A2:A13)

Terkecil: =MIN(A2:A13)

TRIM

Rumus Excel TRIM berfungsi untuk menghilangkan spasi berlebih pada kalimat dalam satu sel. Rumus ini hanya dapat diterapkan pada satu sel. Sebagai contoh, rumus ini dapat diterapkan seperti berikut:

=TRIM(A3)

AVERAGE

Fungsi rumus Excel AVERAGE adalah untuk menghitung rata-rata angka dalam sejumlah sel. Misalnya, apabila Kamu ingin menghitung rata-rata nilai mata kuliah dari sel A2 hingga A20, rumus yang diterapkan adalah:

=AVERAGE(A2:A20)

COUNT

Rumus COUNT pada Excel bertujuan untuk menghitung jumlah sel yang mengandung angka. Jika terdapat data di sel A1 hingga M1 yang mencakup angka dan huruf, untuk menghitung jumlah sel yang berisi angka, gunakan rumus berikut:

=COUNT(A1:M1)

0 Komentar