Kenali Lebih Dalam: Gejala Awal Polio yang Menyamar Seperti Infeksi Saluran Pernapasan, Waspada dan Cegah Sejak Dini!

Kenali Lebih Dalam: Gejala Awal Polio yang Menyamar Seperti Infeksi Saluran Pernapasan, Waspada dan Cegah Sejak Dini!
0 Komentar

KBEONLINE.ID– Tahap awal polio menyerupai infeksi saluran pernapasan biasa dan membutuhkan waktu 7-21 hari untuk berkembang menjadi gangguan yang lebih serius, seperti kelumpuhan.

“Demam, sakit tenggorokan, batuk, nyeri otot, dan lemas adalah beberapa gejala awal. Selanjutnya, mati rasa, terutama di kaki, dan lemas pada kedua kaki dapat terjadi dalam 7-4 hari setelah gejala awal ini, sehingga sulit untuk berjalan dan memegang benda,” menurut dokter spesialis anak Miky Akbar dari RS Sari Asih Karawaci.

“Virus polio dapat muncul kembali karena virus ini tetap tidak aktif di dalam tubuh anak yang terinfeksi. Sistem kekebalan tubuh yang lemah adalah saat virus berkembang. “Kami menyebutnya sebagai sindrom pasca polio,” katanya.

Baca Juga:Kepala Pusing Baiknya Minum Obat Atau Bawa Tidur? Temukan Solusinya!WhatsApp Update Terbaru: Kirim Foto Tanpa Internet di Android-iPhone!

“Anak-anak dari segala usia, bahkan mereka yang belum pernah disuntik, berisiko terkena polio jika mereka tidak memiliki catatan imunisasi yang lengkap. Anak-anak di bawah usia dua tahun dapat mengalami gangguan dalam pertumbuhan dan perkembangan mereka jika mereka terpapar virus polio,” kata pembicara.

0 Komentar