Kepala Kemenag: Kuota Jamaah Haji Karawang yang akan Berangkat Tahun Ini 2.055 Orang, Ribuan Orang Sudah Periksa Kesehatan

Kepala Kemenag: Kuota Jamaah Haji Karawang yang akan Berangkat Tahun Ini 2.055 Orang
Kepala Kemenag: Kuota Jamaah Haji Karawang yang akan Berangkat Tahun Ini 2.055 Orang
0 Komentar

KBEONLINE.ID- Menurut Kepala Kemenag Karawang H Sopian S.Pd.I, M.Si, kuota jamaah Haji Karawang yang akan berangkat tahun ini 2.055 Orang. Dan ribuan calon jamaah sudah periksa kesehatan di RSUD dan klinik kesehatan.

Dikatakan Kepala Kemenag, perbedaan data jamaah yang ngantri pemeriksaan kesehatan pada rekap Dinas Kesehatan dengan jumlah kuota haji itu bisa jadi karena belum diupload seluruhnya oleh Dinas Kesehatan di siskohatkes.

“Tidak mungkin ada perbedaan data antara sistem komputerisas haji terpadu dengan siskohatkes. Karena ini terkoneksi dan menyangkut kuota,” ungkapnya.

Baca Juga:Peneliti Jerman: Kualitas Hasil Pencarian Mesin Google Kian Buruk, Gara-gara SEO dan AIJNE Raih Dua Penghargaan di Ajang The 4th Annual Infobrand.id Summit 2024

Sementara itu sudah ribuan jamaah calon haji Kabupaten Karawang mulai menyerbu RSU Jatisari dan RSUD serta Puskesmas untuk pemeriksaan kesehatan dalam mendapatkan istitha’ah.

Bagi para calon jamaah yang masuk dalam daftar pemberangkatan haji ke tanah suci pada tahun 2024, terlebih dahulu wajib mengantongi berita acara istitha’ah tersebut sebelum melunasi biaya perjalanan ibadah haji (Bipih).

Dan data calon jamaah per tanggal 23 Januari 2024 pada pukul 15.00 WIB baru 1.174 orang yang sudah mendapatkan istitha’ah.

Sedangkan yang masih dalam pemeriksaan tim medis terdapat 622 orang. Adapun data yang terekap di Dinas Kesehatan Karawang sebanyak 1.796 orang.

Data itu terus berubah seiring upload laporan dari puskesmas melalui aplikasi siskohatkes (sistem komputerisasi haji terpadu bidang kesehatan).

Alokasi Kuota Haji

Sebelumnya Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama merilis daftar nama jemaah haji reguler yang masuk alokasi kuota haji tahun 1445 H/2024 M.

“Alhamdulillah, proses verifikasi daftar nama jemaah haji regular yang masuk ke dalam alokasi kuota tahun 1445 H/2024 M sudah selesai. Saya sudah terbitkan Keputusan Dirjen PHU terkait itu. Daftar nama tersebut sudah diumumkan dan dikirim ke Kanwil Kemenag Provinsi seluruh Indonesia untuk segera ditindaklanjuti,” kata Dirjen PHU Hilman Latief.

0 Komentar