Inilah Manfaat Tidur untuk Kesehatan, Nomor 7 Penting Banget

Inilah Manfaat Tidur untuk Kesehatan, Nomor 7 Penting Banget
8 ,manfaat tidur untuk kesehatan
0 Komentar

Siapa sih di sini yang tidak menyukai tidur? Namun, anggapan orang lain tentang tidur ada saja yang mengatakan negatif. Seperti tidak produktif dan lain sebagainya. Perlu kita ketahui, tidur memiliki manfaat juga lho untuk kesehatan tubuh. Artikel kali ini akan membahas manfaat tidur untuk kesehatan yang bisa kamu ketahui. Yuk simak penjelasannya di bawah ini. 

Banyak yag dapat kita rasakan manfaat dari tidur jika dilakukan sesuai dengan waktu tidur yang dianjurkan. Daripada penasaran, yuk kita simak manfaat tidur bagi kesehatan sebagai berikut!

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Saat tidur, sistem imun tubuh akan bekerja dengan maksimal dalam memproduksi antibodi. Antibodi sendiri adalah senyawa kimia yang dapat membantu melawan bakteri dan virus dalam tubuh. Bahkan, beberapa jenis antibodi tertentu ada yang meningkatkan sistem imun agar lebih efektif dalam melawan penyakit.

2. Memperkuat Daya Ingat

Baca Juga:Jangan Salah! Inilah Waktu Tidur yang BaikResep Masak Mie Rebus Paling Lezat, Disantap saat Hujan sangat Nikmat

Saat tidur, otak akan bekerja dalam memilah-milah informasi yang didapatkan selama kita beraktifitas. Otak akan aktif memperkuat daya ingat dan melatih kemampuan yang dipelajari sebelumnya saat masih beraktivitas.

3. Meningkatkan Suasana Hati (Mood)

Beristirahat di malam hari sesuai kebutuhan dapat membuat kita terbangun dengan lebih segar dan perasaan senang. Oleh karena itu, suasana hati atau mood kita akan selalu baik.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Saat tidur, tekanan darah akan menurun sehingga organ jantung dan pembuluh darah dapat beristirahat. Tak hanya itu, selama tidur tubuh akan mengeluarkan hormon yang dapat menyehatkan organ jantung.

5. Mengatur Metabolisme Tubuh

Saat tidur, akan mengatur metabolisme tubuh. Apabila tubuh kurang tidur, risiko kondisi kesehatan yang berkaitan dengan metabolisme, seperti lonjakan gula darah, dapat meningkat.

6. Pengaturan Berat Badan

Tidur yang cukup juga berperan dalam pengaturan berat badan. Kekurangan tidur dapat mempengaruhi hormon yang mengatur nafsu makan dan metabolisme, yang dapat menyebabkan masalah berat badan.

7. Kesehatan Mental

Tidur yang baik memiliki dampak positif pada kesehatan mental, membantu mengurangi stres, meningkatkan fokus, dan meningkatkan daya tahan terhadap tekanan sehari-hari.

0 Komentar