Mengapa Nasi Bisa Jadi Penyebab Diabetes dan Berapa Takaran yang Sebaiknya Dikonsumsi? Temukan Penjelasannya Disini!

Mengapa Nasi Bisa Jadi Penyebab Diabetes dan Berapa Takaran yang Sebaiknya Dikonsumsi? Temukan Penjelasannya Disini!
0 Komentar

KBEONLINE.ID– Karena kandungan karbohidratnya yang tinggi, nasi dapat membuat kadar gula darah meningkat. Tampaknya nasi putih masih bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes dalam jumlah sedang atau sesuai dengan asupan yang dianjurkan dokter. Di sisi lain, nasi yang mengandung lebih sedikit kalori, seperti nasi merah atau nasi basmati, direkomendasikan untuk penderita diabetes.

Berikut adalah beberapa alasan menarik dan pedoman takaran yang sebaiknya diperhatikan:

Nasi putih memiliki indeks glikemik yang tinggi, yang mengindikasikan bahwa nasi putih dengan cepat meningkatkan kadar gula darah setelah makan. Hal ini memberikan tekanan pada pankreas untuk memproduksi lebih banyak insulin, yang jika terus menerus terjadi dapat menyebabkan resistensi insulin dan diabetes.

Nasi merah: 45,84 gram karbohidrat

Wild rice atau padi liar: 35 gram karbohidrat

Jasmine rice: 39 gram karbohidrat

Beras basmati: 37 gram karbohidrat

Baca Juga:Bukti Ilmiah Menarik: Konsumsi Protein Nabati Ternyata Berkaitan Dengan Penurunan Risiko Penyakit Kronis pada Wanita, Yuk Simak Penjelasannya!Mitos Atau Fakta: Radang Amandel Bisa Dipicu Oleh Penyedap Rasa? Simak Penjelasan Menarik dari Praktisi Kesehatan!

Untuk menjaga kestabilan kadar gula darah, penderita diabetes dianjurkan untuk membatasi dan menyeimbangkan asupan karbohidrat. Penting untuk memahami apakah konsumsi nasi putih dilarang bagi penderita penyakit tersebut. Kamu bisa mengambil langkah untuk menjaga kestabilan kadar gula darah dengan memilih jenis karbohidrat yang dimakan.

0 Komentar