Pengusaha Baru Catat Ini! 4 Rumus Excel untuk Bisnis

0 Komentar

Microsoft Excel merupakan perangkat lunak yang umumnya digunakan di lingkungan kerja. Excel juga dapat mempermudah pekerjaanmu dalam dunia bisnis dengan menggunakan rumus. Apa saja rumus Excel untuk bisnis?

Menggunakan rumus di Excel dapat memberikan kemudahan dalam melakukan perhitungan secara otomatis. Microsoft Excel menyediakan berbagai fitur rumus yang dapat mempermudah penggunanya dalam menyelesaikan tugas-tugasnya.

– Menghasilkan perhitungan yang akurat, terutama saat menangani sejumlah besar data.

– Membuat visualisasi data untuk keperluan presentasi.

– Menyusun dan mengurutkan data dalam jumlah besar dengan lebih teratur.

– Meningkatkan efisiensi waktu saat pengolahan data.

– Memberikan cara yang sederhana dan praktis dalam mengelola data dalam jumlah besar.

Baca Juga:Anak Akuntansi Simak! 10 Rumus Excel untuk Anak Sekolah Beserta PenjelasannyaFresh Graduate Wajib Tahu! 7 Rumus Excel Paling Dasar

Rumus Excel untuk Bisnis

COUNTA

Salah satu rumus Excel yang bisa diuji adalah COUNTA. Menurut sumber dari Microsoft, COUNTA berfungsi untuk menghitung jumlah sel yang tidak kosong dalam suatu rentang sel tertentu.

Sebagai contoh, apabila kamu ingin mengevaluasi rentang dalam suatu kolom, Anda dapat menggunakan COUNTA untuk menghitung nilai dari data pada rentang tersebut.

Rumus: =COUNTA([kolom pertama yang ingin dibandingkan]:[kolom kedua yang ingin dibandingkan])

VLOOKUP

VLOOKUP adalah salah satu rumus Excel yang digunakan untuk mencari data dalam kolom pertama suatu tabel dan mengekstrak nilai dari sel manapun pada baris yang sama dalam tabel tersebut.

Rumus ini juga mempertimbangkan tingkat kecocokan atau ketidakcocokan data. Sebagai ilustrasi, pencarian harga suatu komponen berdasarkan ID karyawan dapat menggunakan VLOOKUP.

Rumus: =VLOOKUP (lookup_value;table array;col_index_number;[range lookup])

Keterangan:
– Lookup value: Nilai yang dijadikan acuan dalam membaca tabel referensi.
– Table array: Rentang dari tabel referensi.
– Col index number: Nomor urut kolom tabel referensi yang berisi data yang akan diambil.
– Range lookup: Rentang jenis tipe data yang dicari, seperti TRUE atau FALSE.

0 Komentar