5 Contoh Cerita Fabel Beserta Hikmahnya

5 Contoh Cerita Fabel Beserta Hikmahnya
5 Contoh cerita fabel beserta hikmahnya
0 Komentar

Tanpa sepengetahuan rubah, di tengah perjalanan, ayam betina yang cerdik kemudian menggunting karung itu hingga berlubang sebesar tubuhnya. Ia pun langsung meloncat keluar. 

Agar tidak curiga, ayam betina lalu memasukkan batu-batu ke dalam karung itu dan menjahit kembali karung itu hingga tidak berlubang lagi. Semuanya ia lakukan tanpa sepengetahuan rubah.

Saat tiba di rumah, si rubah kaget, “Ya, ampun kenapa ayam itu jadi berubah batu?” 

Hikmah: Selalu ada jalan bagi orang yang cerdik.

Baca Juga:Kamu Wajib Tahu! Ini Waktu Tidur Siang yang Baik untuk KesehatanWajib Tahu! Ini 10 Ucapan Ulang Tahun dalam Bahasa Inggris,

  1. Ide Bagus para Tikus

Ada empat ekor tikus sedang rapat untuk mencari cara menaklukkan si kucing putih. Kucing itu telah membunuh banyak tikus di rumah itu.

“Bagaimana kalau kita pasang saja lonceng di leher si kucing?” usul salah satu tikus. “Jadi kita bisa lari atau sembunyi jika mendengar dia datang.”

“Wah usul bagus!” seru ketiga tikus lainnya.

“Eh tapi nanti siapa yang berani memasangkan loncengnya ke leher kucing?” tanya salah satu tikus. Ternyata semua tikus menggeleng. Tidak ada seekor tikus pun yang berani untuk memasangkan bel ke leher kucing.

Hikmah: Ide bukan hanya sekedar bagus, tapi juga harus mudah dilaksanakan.

Burung hantu kemudian menangkap si tikus itu. Namun dengan memelas si tikus berkata, “Jangan tangkap aku. Aku berjanji akan mengganti makanan yang tadi telah aku ambil..”

“Baiklah. Sekarang aku akan melepaskanmu,” kata burung hantu tidak tega dengan permintaan si tikus.

 Namun, setelah sekian hari ditunggu-tunggu. Si tikus ternyata tak juga datang mengganti makanannya. Burung hantu pun menjadi kesal dan marah. Sejak itulah burung hantu terus berburu ingin menangkap tikus di malam hari dan tidur di siang hari. 

0 Komentar