Apakah Balita Boleh Puasa Ramadhan? Yuk Simak Moms!

Anak Puasa Ramadhan (pixabay/andibreit)
Anak Puasa Ramadhan (pixabay/andibreit)
0 Komentar

Oleh karena itu, peran orang tua sangatlah penting untuk terus memantau kesejahteraan anak. Jika terdapat tanda-tanda dehidrasi, disarankan untuk menghentikan puasa sementara sebagai langkah pencegahan yang lebih baik.

Ketua Yayasan Masjid Jami’ Al-Baitul Amien, H. Muhammad Hasin, menekankan bahwa jika anak-anak sudah memiliki rasa cinta terhadap Ramadan sejak dini, mereka akan merindukannya setiap tahun. Ketika mereka merindukan Ramadan, tanpa harus diingatkan, mereka akan dengan sukarela menjalankan ibadah puasa.

Walaupun demikian, penting untuk diingat bahwa setiap anak memiliki tingkat kesiapan yang berbeda-beda, tergantung pada kondisi fisiknya. Umumnya, anak-anak berusia 10 tahun secara fisik sudah dapat berpuasa penuh, dan kewajiban berpuasa penuh akan diterapkan saat mereka telah balig.

Usia Anak Dianjurkan Berpuasa

Baca Juga:Persiapkan Sejak Dini, Cara Cegah Stunting Sejak Ibu HamilJangan Lupa Bersihkan! Wajah Kotor Jadi Penyebab Jerawat di Dahi

Meskipun begitu, Islam tetap menganjurkan orang tua untuk memberikan pendidikan tentang puasa kepada anak-anak mereka agar nantinya dapat melaksanakan ibadah ini. Pertanyaannya, kapan sebaiknya anak mulai berpuasa penuh?

Menurut Kitab Mizanul Kubra karya Abdul Wahab As-Sya’rani, anak sebaiknya mulai berpuasa penuh ketika mencapai usia tujuh tahun atau setelah balig.

واتفقوا على أن الصبي الذي لا يطيق الصوم والمجنون المطبق جنونه غير مخاطبين به لكن يؤمر به الصبي لسبع ويضرب عليه لعشر

Artinya: Ulama sepakat anak kecil yang tidak mampu puasa dan orang gila permanen tidak diwajibkan puasa. Namun anak kecil diminta puasa bila berumur tujuh tahun dan dipukul bila tidak mau puasa ketika umur sepuluh tahun.

مُرُوا أَوْلادَكُمْ بِالصَّلاةِ وَهُمْ أَبْنَاءُ سَبْعِ سِنِينَ ، وَاضْرِبُوهُمْ عَلَيْهَا وَهُمْ أَبْنَاءُ عَشْرٍ ، وَفَرِّقُوا بَيْنَهُمْ فِي الْمَضَاجِعِ

Artinya: Perintahkan anak-anak kalian untuk melakukan salat saat usia mereka tujuh tahun, dan pukullah mereka saat usia sepuluh tahun (jika tidak berpuasa). Dan pisahkan tempat tidur mereka.

Puasa pada usia tujuh tahun dapat dilakukan baik setengah hari atau penuh sesuai dengan kemampuan anak. Namun, begitu memasuki usia 10 tahun, anak diwajibkan berpuasa penuh, meskipun belum balig.

0 Komentar