Beras Langka, Harga Kian Mencekik Warga, di Ritel Modern, Pembeli Hanya Boleh Beli 1 Pcs

Beras langka harga kian mencekik warga
Beras langka harga kian mencekik warga
0 Komentar

“(Persediaan) Beras ada, harga dari penggilingan atau pabrik itu sudah tinggi,” katanya Analis Perdagangan pada Disdagperin Kota Bekasi, Eko Wijatmiko.

Beberapa faktor yang ditengarai mengerek naik harga beras. Faktor tersebut diantaranya belum memasuki masa panen raya, serta harga beras sudah terpantau tinggi sejak dari tingkat produsen.

Lebih lanjut ia menyampaikan bahwa besar kemungkinan harga beraskan mengalami penurunan saat beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) didistribusikan oleh Bulog.

Baca Juga:Trisetyani Suci Gigih Mengedukasi lewat @kucingmalasid, Edukasi Anabul tanpa Kenal MalasPersaingan Suara DPR RI Dapil Jabar VII, Benarkah Banyak Caleg Incumbent Tumbang?

“Kita sudah lakukan pemantauan terhadap agen beras, tinggal nunggu dari Bulog saja untuk penetrasi pasar beras (medium),” tambahnya.

Sementara itu, Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKPPP) Kita Bekasi memastikan ketersediaan bahan pangan secara umum masih dalam kondisi aman. Saat ini, DKPPP tengah mempersiapkan beberapa upaya guna memastikan ketersediaan bahan pangan menjelang Ramadan yang akan jatuh pada awal bulan Maret mendatang.

“Secara umum ketersediaan bahan pokok masih aman, begitu juga ketersediaan beras. Semoga kedepannya juga masih aman,” ungkap kepala DKPPP Kota Bekasi, Herbert Panjaitan.

Beberapa upaya yang telah dipersiapkan yakni pelaksanaan kegiatan pasar murah, pengawasan keamanan pangan di pasar modern dan ritel, serta distribusi cadangan pangan daerah.

Untuk pelaksanaan pasar murah, DKPPP telah berkomunikasi dengan Dinas Pengan Provinsi Jawa Barat dan Badan Pangan Nasional (Bapanas).

“Untuk jadwal (pasar murah) sedang kita koordinasikan dengan provinsi, nanti provinsi yang akan menentukan jadwalnya,” tambahnya.

Kemarin, Presiden Joko Widodo memastikan harga beras turun dalam dua pekan kedepan. Permasalahan Supply yang menjadi salah satu faktor sudah diselesaikan dengan mengirimkan beras dari Perum Bulog ke daerah.

Baca Juga:Pemilu Sukses Tinggal Itung, Jokowi Kembali Bagi-bagi BansosLayanan Kejiwaan Buat Caleg Gagal, Semua Puskesmas di Cikarang Siap Tampung, Karawang dan Purwakarta  di RSUD 

Perum Bulog juga telah mengubah ketentuan pendistribusian beras SPHP menjadi lebih fleksibel sampai dengan bulan Maret nanti. Permintaan distribusi beras ke setiap toko dan ritel tidak lagi dibatasi. (bbs/mhs)

Laman:

1 2
0 Komentar