Jangan Salah Moms! Begini Cara Menghitung Takaran Susu Bayi Berdasarkan Usia si Kecil

Cara Menghitung Takaran Susu Bayi Berdasarkan Usia (Pixabay/Beeki)
Cara Menghitung Takaran Susu Bayi Berdasarkan Usia (Pixabay/Beeki)
0 Komentar

Berikut adalah panduan cara menghitung takaran susu bayi yang harus diberikan kepada anak berdasarkan usianya, sebagaimana dilansir oleh Better Health Channel.

1. Usia 5 Hari–3 Bulan

Bayi yang sehat biasanya membutuhkan sekitar 150 ml susu per kilogram berat badan setiap harinya.

Sebagai contoh, jika berat bayi adalah 3 kg, maka kebutuhan susunya adalah 450 ml setiap hari.

Baca Juga:Begini Cara Mengukur Takaran Susu Bayi Sesuai Berat BadanCara Mengolah Hati Sapi untuk MPASI agar Siap Diolah untuk Makan Si Kecil

2. Usia 3–6 Bulan

Pada rentang usia ini, konsumsi susu biasanya sekitar 120 ml per kilogram berat badan setiap hari.

Misalnya, jika berat bayi adalah 7 kg, maka kebutuhan susunya adalah sekitar 840 ml per hari, yang dapat dibagi menjadi 4–5 kali pemberian.

3. Usia 6–12 Bulan

Ketika bayi berusia antara 6 hingga 12 bulan, kebutuhan susu formula biasanya berkurang menjadi sekitar 90 hingga 120 ml per kilogram berat badan setiap hari.

Penurunan ini disebabkan karena pada usia sekitar 6 bulan, bayi mulai diperkenalkan dengan makanan padat untuk mendukung pertumbuhan mereka.

Cara Membuat Susu untuk Bayi

Untuk memastikan nutrisi dan kebersihan susu formula bayi, Moms selalu harus menggunakan air matang yang sudah direbus dan didiamkan sekitar 30 menit. Hal ini bertujuan untuk menjaga suhu air berkisar 70°C untuk membunuh kuman. Selain itu, pastikan Moms membaca tanggal kedaluwarsa produk susu sebelum diberikan kepada Si Kecil.

Setelah mengetahui takaran susu bayi yang sesuai, Moms bisa mempersiapkan susu formula dengan memerhatikan standar kebersihan dan keamanan. Berikut ini adalah cara membuat susu formula untuk bayi:

1. Cuci tangan terlebih dulu menggunakan sabun dan air mengalir.

2. Siapkan botol susu dan dot bayi dalam keadaan bersih dan steril.

3. Tuangkan air sesuai dengan jumlah yang tertera pada kemasan.

4. Tuangkan susu sesuai dengan takaran yang tertera pada kemasan.

Baca Juga:Bolehkah MPASI dari Hati Sapi untuk Bayi? Ini Jawabannya!Bisakah Kepala Bayi yang Peyang Kembali Normal? Simak Yuk!

5. Pasang dot dan tutupnya, lalu kocok hingga air dan susu tercampur.

6. Sebelum memberikan susu kepada Si Kecil, Moms juga perlu memeriksa suhu susu dengan meneteskannya terlebih dahulu di kulit. Berikan susu kepada bayi jika sudah terasa suam-suam kuku atau tidak panas.

Moms juga harus memastikan jumlah air dan takaran susu bayi sesuai dengan petunjuk penyajiannya. Menggunakan terlalu banyak air bisa mengurangi nutrisi susu formula, sedangkan terlalu sedikit air justru bisa menyebabkan bayi mengalami dehidrasi.***

0 Komentar