Cara Mengajarkan Anak Berpuasa yang Kreatif dan Menyenangkan

Cara Mengajarkan Anak Puasa (pixabay/andibreit)
Cara Mengajarkan Anak Puasa (pixabay/andibreit)
0 Komentar

Secara bertahap, kurangi konsumsi makanan tersebut hingga akhirnya anak mulai terbiasa dan dapat mencoba berpuasa secara lengkap.

Buat kegiatan ngabuburit yang seru

Untuk membantu anak belajar berpuasa dengan lebih efektif, satu metode yang dapat digunakan adalah mengalihkan perhatiannya dari makanan dan minuman selama masa belajar berpuasa.

Bersama si kecil, buatlah berbagai aktivitas yang menyenangkan mulai dari bermain, hingga membaca Al-Quran, sehingga anak tidak terlalu fokus pada aspek makanan dan minuman selama proses pembelajaran puasa.

Baca Juga:10+ Kelebihan dan Kekurangan Tipe Kepribadian ISFP, Si Introvert Penuh ImajinasiMengenal Karakteristik MBTI ISFP, Si Seniman yang Cinta Damai

Berpuka dengan menu favorit anak

Untuk memberikan dukungan dan apresiasi atas kesungguhan anak belajar berpuasa, Bunda dapat menyediakan makanan favorit mereka saat waktu berbuka puasa tiba.

Bahkan, melibatkan anak dalam memilih menu berbuka puasa dan persiapannya bisa menjadi motivasi tambahan bagi mereka untuk menyelesaikan ibadah puasanya dengan baik pada hari itu.

Berikan hadiah saat lebaran

Sebagai dorongan, adalah ide baik untuk memberikan hadiah khusus pada Hari Raya sebagai insentif agar anak lebih termotivasi untuk belajar berpuasa. Hadiah ini dapat berupa mainan, tas sekolah baru, atau apa pun yang menjadi keinginan si kecil. Namun, penting juga bahwa hadiah tersebut memberikan manfaat bagi anak.

Berikan contoh yang baik

Studi dalam Journal of Demography menunjukkan bahwa aktivitas orang tua bersama anak di rumah, yang disebut sebagai investasi orang tua, memiliki dampak signifikan pada perkembangan anak.

Oleh karena itu, sebagian besar anak cenderung meniru perilaku yang ditunjukkan oleh orang tua dalam kehidupan sehari-hari, termasuk dalam konteks berpuasa.

Dengan demikian, salah satu pendekatan yang penting dalam melatih anak untuk berpuasa adalah dengan memberikan contoh atau teladan yang positif.

Pastikan bahwa Moms dan Dads menjadi contoh yang baik dalam aspek-aspek positif bagi Si Kecil.

Baca Juga:MBTI Kamu INFJ? Ini Karier yang Cocok untuk INFJ Sesuai dengan KarakteristiknyaKelebihan Tipe Kepribadian INFJ, Si Kreatif dengan Analisis Tajam

Keluarga, sebagai lingkungan terdekat anak sejak lahir, memiliki peran penting dalam membentuk karakter anak.

Selain hanya memberikan instruksi kepada mereka, lakukanlah kegiatan tersebut bersama-sama sebagai bagian dari interaksi positif dan kolaboratif antara orang tua dan anak.

Usia Anak Dianjurkan Berpuasa

0 Komentar