Cara Mengajarkan Anak Berpuasa yang Kreatif dan Menyenangkan

Cara Mengajarkan Anak Puasa (pixabay/andibreit)
Cara Mengajarkan Anak Puasa (pixabay/andibreit)
0 Komentar

Melakukan ibada puasa Ramadhan memang belum menjadi kewajiban anak. Namun, Moms bisa mengajarkan si Kecil untuk memulai berpuasa sejak kecil. Pertanyaannya, kapan sebaiknya anak mulai berpuasa penuh?

Menurut Kitab Mizanul Kubra karya Abdul Wahab As-Sya’rani, anak sebaiknya mulai berpuasa penuh ketika mencapai usia tujuh tahun atau setelah balig.

واتفقوا على أن الصبي الذي لا يطيق الصوم والمجنون المطبق جنونه غير مخاطبين به لكن يؤمر به الصبي لسبع ويضرب عليه لعشر

 

Artinya: Ulama sepakat anak kecil yang tidak mampu puasa dan orang gila permanen tidak diwajibkan puasa. Namun anak kecil diminta puasa bila berumur tujuh tahun dan dipukul bila tidak mau puasa ketika umur sepuluh tahun.

مُرُوا أَوْلادَكُمْ بِالصَّلاةِ وَهُمْ أَبْنَاءُ سَبْعِ سِنِينَ ، وَاضْرِبُوهُمْ عَلَيْهَا وَهُمْ أَبْنَاءُ عَشْرٍ ، وَفَرِّقُوا بَيْنَهُمْ فِي الْمَضَاجِعِ

 

Baca Juga:10+ Kelebihan dan Kekurangan Tipe Kepribadian ISFP, Si Introvert Penuh ImajinasiMengenal Karakteristik MBTI ISFP, Si Seniman yang Cinta Damai

Artinya: Perintahkan anak-anak kalian untuk melakukan salat saat usia mereka tujuh tahun, dan pukullah mereka saat usia sepuluh tahun (jika tidak berpuasa). Dan pisahkan tempat tidur mereka.

Puasa pada usia tujuh tahun dapat dilakukan baik setengah hari atau penuh sesuai dengan kemampuan anak. Namun, begitu memasuki usia 10 tahun, anak diwajibkan berpuasa penuh, meskipun belum balig.

Ketentuan ini sejalan dengan anjuran dalam sholat bagi anak, sebagaimana diajarkan oleh Rasulullah SAW. Intinya, anak sebaiknya mulai berpuasa pada usia tujuh tahun, baik setengah hari maupun penuh, dan ketika mencapai usia 10 tahun dan balig, sudah wajib berpuasa penuh.

Nah itulah beberapa cara mengajarkan anak berpuasa yang bisa Moms terapkan pada si Kecil. Pastikan mengajarkan anak belajar berpuasa dengan pelan-pelan ya Moms.***

0 Komentar