Minggu Palma 2024: Umat Kristen di Seluruh Dunia Rayakan Hari Suci di Tengah Krisis Kemanusiaan

Minggu Palma
Minggu Palma
0 Komentar

“Kami berdoa untuk perdamaian dunia hampir setiap hari, terutama di daerah-daerah yang dilanda kekacauan dan kekerasan.”

Pastor Paroki Reynante Tolentino menyatakan, “Perdamaian adalah tujuan dari doa dan pengorbanan kami.”

Sekitar 80 persen dari 110 juta orang yang tinggal di Filipina adalah penganut Katolik Roma. Filipina adalah satu-satunya negara di Asia di mana umat Katolik merupakan mayoritas penduduknya.

Baca Juga:Rare Beauty Milik Selena Gomez Bernilai Rp 31,4 Triliun dan Menjadi Target Utama Merger Tahun 2024Sentinels Raih Juara VCT Masters Madrid 2024, Mengalahkan Gen.G dengan Skor 3-2 dalam Pertarungan Sengit!

Hari itu adalah hari musim semi yang dingin dan cerah, dan pihak berwenang Vatikan memperkirakan sekitar 25.000 orang menghadiri misa di sana. Paus Fransiskus memilih untuk tidak memberikan homili pada Misa Minggu Palma di Lapangan Santo Petrus untuk mencegah dirinya menjadi terlalu lelah pada awal Pekan Suci dan kemungkinan akan mengganggu kesehatannya.

Paus Fransiskus juga melewatkan prosesi di mana para Kardinal mengelilingi Obelisk di Lapangan Santo Petrus pada awal misa karena kakinya yang sakit dan masalah pernapasan yang terus-menerus. Sebagai gantinya, umat memberikan ranting-ranting zaitun dan daun palem dari altar Basilika, yang kemudian diberkati oleh paus berusia 87 tahun itu.

Pada akhir misa, Paus Fransiskus memberikan khotbah yang panjang. Di sebuah aula musik di pinggiran Moskow, Rusia, serangan teroris merenggut nyawa banyak orang. Dia berdoa untuk keluarga mereka. Paus juga berdoa untuk warga Gaza dan “para martir Ukraina.”

“Saya menyampaikan belasungkawa kepada para korban insiden teroris mengerikan yang terjadi di Moskow tadi malam. Paus Fransiskus berdoa agar Tuhan memberi mereka kedamaian, menghibur keluarga mereka, dan mengubah pikiran mereka yang melindungi, merencanakan, dan melakukan perbuatan kejam yang melanggar larangan membunuh.

0 Komentar