7 Tips Praktis Agar Tanaman Tetap Segar dan Sehat Selama Liburan Anti Layu!

Tanaman Anti Layu
Tanaman Anti Layu
0 Komentar

Setelah menambahkan tiga hingga lima sentimeter air ke dalam wadah besar, letakkan tanaman dan pot di dalam genangan air. Ketika mereka membutuhkannya, tanaman akan mengambil air dengan sendirinya.

5. Atur Suhu Ruangan

Tanaman ini tumbuh subur pada suhu rendah hingga normal, antara 13-27 derajat Celcius, apa pun musimnya. Salah satu metode untuk meningkatkan kelembapan ruangan adalah dengan mengisi wadah dengan air dan kerikil. Pilih lokasi yang memiliki ventilasi udara dan pasang di dekat tanaman.

6. Buat Irigasi Tetes

Jika kamu memiliki lebih banyak waktu dan sumber daya, pertimbangkan untuk membuat sistem irigasi otomatis dasar untuk tanaman. Misalnya, menggunakan botol kaca dengan penutup. Tuangkan air sebanyak mungkin ke dalam botol. Buat lubang seukuran ujung sumpit bambu, lalu sumbat dengan sepotong kayu yang ukurannya sama dengan lubang tersebut. Air akan keluar dari lubang yang telah diganjal kayu jika kamu membalikkan botol plastik dengan tutup botol menghadap ke bawah. Teknik ini mirip dengan pekerjaan infus di rumah sakit.

Baca Juga:Tips Bijak Mengelola THR Agar Tetap Menabung: 7 Panduan Sederhana untuk Mengatur Uang dan TabunganBenarkah Kentang Goreng Tidak Berbahaya? Begini 6 Rahasia Mengolahnya Agar Aman bagi Kesehatan!

Kamu bisa memanfaatkan galon air yang terbuang jika ada banyak tanaman. Selanjutnya, siapkan selang sesuai dengan pot yang membutuhkan penyiraman. Masukkan kain ke dalam selang dan tarik hingga kedua ujungnya menggantung. Atur ujung selang ke bawah agar air dapat menetes dari ujung yang lain ke arah pot ketika kain di dalam galon menyerap air.

Kamu juga dapat melubangi botol plastik bekas seukuran tutup pulpen. Buatlah lubang yang dekat dengan dasar botol sehingga kotoran masih bisa menutupinya. Akan ada sedikit kebocoran air.

7. Ciptakan Lingkungan yang Lembab

Kamu bisa menggunakan pelembab udara atau menempatkan mangkuk berisi air di sekeliling tanaman, tetapi ada cara lain untuk menghasilkan lingkungan yang lembab bagi tanaman yang membutuhkan kelembapan tinggi. Salah satunya adalah dengan sering menyirami daun tanaman dengan air bersih.

Hal ini akan mendukung tingkat kelembapan udara di sekitar tanaman. Selain itu, ada baiknya kamu mempertimbangkan untuk menggunakan sistem irigasi untuk pot yang dapat menjaga kelembapan tanah. Selain itu, kamu bisa memikirkan untuk memberikan tanaman beberapa naungan ekstra jika terkena banyak sinar matahari langsung. Kamu dapat menciptakan suasana yang sempurna untuk tanaman yang membutuhkan kelembapan tinggi untuk pertumbuhan yang optimal dengan menggabungkan pendekatan-pendekatan ini.

0 Komentar