Tips Ampuh Agar Bekal Mudik Tetap Segar dan Tahan Lama: 9 Cara Sederhana untuk Mencegah Makanan Cepat Basi!

bekal mudik
Tips Ampuh Agar Bekal Mudik Tetap Segar dan Tahan Lama
0 Komentar

Menurut beberapa laporan, produk makanan dapat disimpan dalam wadah tertutup pada suhu ruangan, di lemari es, atau di dalam freezer, sehingga dapat mencegah kelembapan tumbuh di dalam kemasan dengan menggunakan wadah makanan yang kedap udara. Selain itu, menggunakan wadah ini dapat membantu mencegah peralatan makan terkontaminasi bakteri dan kuman.

8. Jauhi dari suhu ekstrem

Jauhkan makanan dari sinar matahari langsung dan suhu dingin jika kamu ingin makanan bertahan lebih lama, saran berikutnya adalah hindari meletakkan makanan dalam kondisi yang sangat panas atau dingin.

Makanan tidak boleh ditinggalkan di dalam mobil, bagasi motor, atau jendela yang terpapar sinar matahari. Makanan dapat cepat rusak jika terkena suhu yang sangat tinggi atau rendah.

9. Gunakan Bahan Pengawet Alami

Baca Juga:10 Cara dan Alat Makeup yang Diperlukan: Cocok bagi Semua, Termasuk Pemula!7 Tips Praktis Agar Tanaman Tetap Segar dan Sehat Selama Liburan Anti Layu!

Sebaiknya tambahkan pengawet alami seperti lemon atau garam pada makanan untuk menjaga kesegarannya selama perjalanan. Zat-zat ini telah digunakan sejak lama untuk mencegah pertumbuhan mikrobiologis dan meningkatkan umur simpan makanan. Sebagai contoh, lemon mengandung asam sitrat, yang memiliki kualitas antibakteri dan membantu menjaga makanan agar tidak rusak atau tumbuh bakteri.

Selain itu, garam dapat mencegah bakteri tumbuh dalam kondisi yang salah, menjaga kesegaran makanan. Kita dapat meningkatkan daya tahan makanan, mengurangi kemungkinan kontaminasi, dan menjamin bahwa makanan tetap segar dan aman untuk dimakan di lain waktu dengan menambahkan pengawet alami ini ke dalam makanan sebelum perjalanan.

0 Komentar