Ilham Habibie Bawa Tiga Program untuk Jawa Barat

Ilham Habibie
Calon Wakil Gubernur Jawa Barat Ilham Habibie paparkan tiga program unggulan untuk Jawa Barat.
0 Komentar

KBEonline.id – Dalam kunjungannya ke Subang, Calon Wakil Gubernur Jawa Barat, Ilham Habibie, memperkenalkan tiga program strategis yang dirancang untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut. Program tersebut meliputi pengembangan sektor industri, penciptaan lapangan pekerjaan, dan pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), Kamis (17/10).

Ilham Habibie menjelaskan bahwa Jawa Barat, khususnya Subang memiliki potensi besar dalam sektor pertanian dan perikanan, terutama dalam pengelolaan hasil bumi dan laut.

Ia menekankan pentingnya proses hilirisasi atau pengolahan lebih lanjut terhada produk-produk pertanian dan perikanan untuk meningkatkan nilai ekonominya.

Baca Juga:Ujang Iman, Sosok di Balik Keamanan Kampus Raih UBP Karawang Award 2024Keberagaman Budaya Meriahkan Dies Natalis Ke-10 Universitas Buana Perjuangan Karawang

“Jika kita bisa mengolah produk-produk pertanian dan perikanan lebih lanjut, maka nilai ekonominya akan meningkat, dan ini secara langsung berdampak pada penciptaan lapangan pekerjaan baru,” ujar Ilham dalam sesi dialog bersama warga Subang.

Ilham menambahkan, proses hilirisasi ini akan membuka lebih banyak peluang kerja bagi masyarakat Subang. Dengan adanya pengolahan hasil bumi dan laut di daerah tersebut, lebih banyak tenaga kerja akan dibutuhkan, sehingga berdampak positif bagi perekonomian lokal.

Selain itu, Ilham juga menyoroti bahwa Subang kini menjadi bagian penting dari Kawasan Pertumbuhan Rebana, yang menarik banyak investor besar. Beberapa perusahaan sudah mulai berinvestasi di Subang dengan mendirikan pabrik-pabrik baru.

Untuk memanfaatkan momentum ini, ia menegaskan pentingnya persiapan sumber daya manusia (SDM) yang siap kerja melalui kolaborasi lintas sektor, yakni antara ekonomi, industri, dan pendidikan.

“Pemerintah harus memainkan peran sebagai fasilitator dan koordinator agar kolaborasi lintas sektor ini berjalan lancar. Hanya dengan cara ini kita bisa menciptakan SDM yang siap menghadapi tantangan industri,” jelas Ilham.

Program ketiga yang diprioritaskan Ilham adalah pemberdayaan UMKM, khususnya di sektor kuliner yang menjadi unggulan Subang.

UMKM lokal telah dikenal dengan produk-produk khasnya seperti olahan nanas, ikan, dan hasil bumi lainnya. Menurut Ilham, UMKM perlu mendapatkan dukungan yang lebih kuat terutama dalam dua aspek utama: pelatihan dan akses mudah ke modal.

Baca Juga:Optimis Raih WBK, Tim Penilai Mandiri Kemenkumham Kunjungi Lapas KarawangEmak-emak Cimaung Dukung Ambu Anne Menang Pilkada Purwakarta

“Pelatihan akan sangat penting dalam meningkatkan kualitas produk UMKM, sementara akses modal yang lebih mudah akan mempercepat pertumbuhan usaha mereka,” kata Ilham.

0 Komentar