KBEonline.id – Menjadi segmen bisnis yang banyak mendapatkan perhatian karena berkembangnya jaman, serta pasca terjadinya pandemi lalu, industri E-Commerce pun turut berkembang hingga menjadikannya salah satu hal yang bisa memenuhi kebutuhan belanja.
Dari memberikan rekomendasi yang sesuai dengan minat pengguna hingga menganalisis kebiasaan belanja dan melindungi transaksi, AI kini memainkan peran penting dalam ekosistem E-Commerce.
Jika Anda berjualan di E-Commerce, Anda tentu familiar dengan cara kerja sistem rekomendasi di platform tersebut.
Baca Juga:Begini Nasib Menjadi Guru Honorer di Karawang, Apakah Ada Harapan?War is Over? China akan Mencabut Larangan Konten Korea Setelah Bertahun-tahun
Produk yang sempat dicari oleh konsumen akan terus direkomendasikan, mungkin dengan tampilan atau merek yang bervariasi.
Dengan AI, toko online dapat lebih baik memahami pelanggan dan mengelompokkannya berdasarkan karakteristiknya, yang pada gilirannya meningkatkan efektivitas kampanye pemasaran.
Penerapan sistem analisis yang efektif dengan AI, memungkinkan perkiraan penjualan dan permintaan yang lebih tepat.
Hal ini berdampak positif pada efisiensi rantai pasok, mencegah kekurangan stok akibat permintaan yang lebih tinggi.
AI berperan penting dalam menciptakan sistem pembayaran yang lebih aman di platform E-Commerce.
Teknologi ini memungkinkan pengembangan sistem verifikasi pembayaran yang lebih kuat dan terpercaya.
Keberadaan AI bisa dibilang merevolusi dunia E-Commerce. Kemampuan sistem AI untuk terus belajar dan berkembang menjanjikan platform e-commerce yang semakin canggih dan responsif terhadap kebutuhan pengguna. (Vionisya Citra)