Grace digambarkan sebagai karakter yang bukan hanya harus bertahan hidup secara fisik, tapi juga secara mental. Dalam beberapa adegan gameplay, terlihat jelas bagaimana ia menunjukkan ekspresi ketakutan, panik, dan tekanan psikologis—hal yang menjadi fokus utama dalam atmosfer Resident Evil Requiem.
Menjawab rumor yang sebelumnya beredar, Capcom akhirnya mengonfirmasi bahwa Resident Evil Requiem akan mendukung dua mode gameplay, yaitu First-Person dan Third-Person, yang bisa dipilih sesuai preferensi pemain.
Mode First-Person akan memberikan pengalaman horor yang lebih personal dan imersif, cocok bagi mereka yang ingin merasakan ketegangan secara langsung dari sudut pandang Grace. Sementara itu, mode Third-Person lebih mengarah pada nuansa action dan taktik seperti dalam Resident Evil 4 Remake.
Baca Juga:Leon Hampir Jadi Protagonis di Resident Evil Requiem, Ini Pertimbangan Developer5 SMA Terbaik di Kabupaten Cianjur: Unggul dalam Prestasi Akademik dan Lingkungan Belajar Berkualitas
Tak hanya fokus pada suasana horor, gameplay RE9 juga menghadirkan berbagai elemen klasik dari seri Resident Evil, seperti eksplorasi area yang penuh teka-teki, pengumpulan item penting, dan pemecahan puzzle untuk membuka akses ke lokasi baru atau melanjutkan cerita.
Resident Evil 9 Usung Konsep Horor yang Bikin Takut Tapi Bikin Ketagihan, Kata Capcom
Dalam acara Capcom Spotlight Juni 2025, selain mengumumkan judul resmi Resident Evil: Requiem dan memperlihatkan cuplikan gameplay perdana, tim developer juga membagikan konsep inti dari elemen horor yang akan diusung di RE9.
Berbeda dari seri sebelumnya yang lebih menekankan pada aksi, Resident Evil Requiem berfokus pada rasa takut dan tekanan psikologis yang intens, namun tetap mempertahankan unsur keseruan khas Resident Evil. Capcom menjelaskan bahwa tujuan utama mereka adalah menciptakan pengalaman horor yang tidak hanya menyeramkan, tapi juga membuat pemain terus ingin kembali bermain.
“Kami ingin pemain merasa takut, tapi di saat yang sama juga ketagihan. Setelah berhasil menghadapi rasa takut mereka, akan ada perasaan puas yang membuat mereka ingin terus melanjutkan permainan,” ungkap tim developer RE9.
Dengan nuansa lingkungan yang gelap, suara ambient menyeramkan, serta kehadiran monster yang mengintai di setiap sudut, RE9 akan menyuguhkan pengalaman horor yang lebih dalam dan personal. Hal ini diperkuat dengan hadirnya dua mode gameplay—First-Person dan Third-Person—yang memberikan fleksibilitas dan kebebasan bagi pemain untuk memilih cara bermain yang paling sesuai dengan gaya mereka.