7 Langkah Bijak untuk Menyikapi Perselingkuhan Rekan Kerja di Kantor

Ilustrasi rekan kerja selingkuh.
Ilustrasi Langkah Bijak untuk Menyikapi Perselingkuhan Rekan Kerja di Kantor. (tangkapan layar/klikdokter)
0 Komentar

KBEonline.id – Dalam dunia kerja memang kadang sering mengalami berbagai dinamika, mungkin kamu pernah menghadapi situasi rumit yang gak terduga di kantor.

Contoh yang sering membuat dilema adalah saat kamu mengetahui bahwa seorang rekan kerja sedang berselingkuh, apalagi jika itu terjadi di dalam lingkungan kantor.

Gak hanya menimbulkan konflik moral, tapi juga bisa berimbas pada suasana kerja, produktivitas tim, hingga reputasi profesional semua pihak yang terlibat.

Baca Juga:Prakiraan Cuaca Jawa Barat Hari Ini-Malam, Kamis 24 Juli 2025: Tiga Wilayah Ini Diguyur Hujan, Waspada!Pisah Sambut Kajari Karawang, Dedy Irwan Virantama Siap Lakukan Belanja Masalah sebagai Langkah Awal

Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini tujuh langkah bijak yang bisa anda lakukan jika rekan kerja selingkuh di kantor.

7 Sikap Saat Rekan Kerja Berelingkuh

1. Jangan langsung bereaksi emosional

Ketika mendengar kabar rekan kerja berselingkuh, apalagi melibatkan atasan atau orang penting di perusahaan, hindari bereaksi secara impulsif.

Tetap tenang dan kendalikan emosi agar tidak terbawa dalam arus gosip atau spekulasi yang tidak berdasar. Ingat, informasi yang beredar bisa saja belum lengkap atau belum diverifikasi, dan tindakan reaktif hanya akan memperburuk keadaan.

2. Pahami dampaknya terhadap lingkungan kerja

Sikap Anda sebaiknya berfokus pada dampak profesional yang ditimbulkan, bukan sekadar urusan pribadi orang lain.

Jika hubungan tersebut menyebabkan perlakuan istimewa atau menurunnya semangat kerja tim, maka hal ini sudah masuk ranah profesional.

3. Gunakan jalur HR jika situasi tidak lagi sehat

Jika Anda merasa hubungan tersebut mulai mengganggu suasana kerja, seperti adanya bias, ketidakadilan dalam pembagian tugas, atau tekanan psikologis, jangan ragu melaporkannya secara formal ke bagian human resources (HR).

HR bertugas menjaga suasana kerja tetap kondusif dan memiliki prosedur untuk menangani situasi sensitif seperti ini dengan netralitas dan kerahasiaan.

4. Hindari menjadi bagian dari drama

Baca Juga:Musda Golkar Menghangat, DPD Karawang Masih Tunggu Instruksi dari DPD Jawa BaratTinggal di Antara Genangan: Kisah Uswatun, Korban Janji Manis The Artera Hills 2

Meskipun kasus perselingkuhan menjadi perbincangan hangat, tetaplah bersikap profesional dan hindari ikut menyebarkan informasi yang belum pasti.

Terlibat dalam obrolan gosip atau menjatuhkan nama orang lain justru akan merusak reputasi Anda sendiri. Lebih baik jaga fokus pada pekerjaan dan hindari menciptakan atmosfer kerja yang negatif.

5. Tetap profesional dan jaga jarak sehat

Jika Anda tidak terlibat langsung dalam masalah tersebut, tetaplah menjaga jarak aman. Jangan mencampuri urusan pribadi orang lain kecuali memang diminta atau diperlukan.

0 Komentar