KBEonline.id- Inilah strategi praktis UMKM, untuk mengatasi repot operasional dengan layanan berlangganan.
Seamless Go Subscription Service, Solusi Layanan Berlangganan Elektronik untuk Rumah Tangga hingga Bisnis Jakarta, 9 September 2025 – UMKM terus menunjukkan peran vital dalam perekonomian Indonesia.
Selain menjadi tulang punggung dengan kontribusi besar terhadap Produk Domestik Bruto (PDB), UMKM juga menyerap sebagian besar tenaga kerja nasional.
Baca Juga:Pstore Galuh Mas Karawang, Tempat Lengkap Buat Semua Kebutuhan Gadgetmu!Rumah Foto Galuh Mas Karawang, Tempat Asik Buat Abadikan Momen Berharga Kamu!
Namun, pertumbuhan sektor ini juga melahirkan persaingan yang semakin ketat. Kondisi tersebut menuntut pelaku usaha semakin cermat mengelola strategi dan menjaga daya saing agar bisnis tetap berkelanjutan.
Salah satu beban yang harus dikelola dengan cermat adalah beban operasional. Riset Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) menunjukkan sebanyak 65,5% UMKM masih mengandalkan penjualan offline sebagai kanal utama, baik melalui ruko, warung, maupun gerai di pusat perbelanjaan.
Sementara hanya 34,25 persen yang sudah menggunakan platform digital. Dengan operasional offline yang intens, kebutuhan akan perangkat pendukung usaha, seperti pendingin, penyimpan, hingga penyedia air bersih, menjadi aspek penting yang tidak bisa dihindari.
Agar dapat terus bersaing, pelaku usaha perlu memanfaatkan teknologi dan layanan modern yang bisa memaksimalkan efektivitas operasional. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan opsi berlangganan perangkat elektronik, terutama perangkat yang digunakan secara intens dalam aktivitas sehari-hari.
“MODENA memahami bahwa pelaku UMKM tidak hanya membutuhkan strategi penjualan yang kuat, tetapi juga pengelolaan operasional yang lebih efisien. Lewat Seamless Go Subscription Service, kami ingin memberikan solusi yang bukan hanya relevan untuk kebutuhan rumah tangga, tetapi juga mendukung pelaku bisnis agar bisa fokus pada pertumbuhan usaha tanpa terbebani urusan teknis,” ujar Teddy Wijaya, Vice President Marketing MODENA.
Seamless Go Subscription Service adalah layanan subscription multi-kategori elektronik rumah tangga pertama di Indonesia. Layanan ini memungkinkan pelaku usaha mendapatkan perangkat elektronik yang digunakan secara intens dalam operasional sehari-hari melalui skema berlangganan.
Pada tahap pertama, Seamless Go Subscription Service memperkenalkan produk Reverse Osmosis Water Purifier sebagai perangkat pertama yang tersedia dalam skema berlangganan.