Walaupun punya potensi besar, pengembangan agrowisata durian Loji terkesan jalan di tempat. Yang banyak terlihat hanya lapak penjualan di pinggir jalan.
Padahal, wisata kebun durian, edukasi pembibitan, hingga kuliner berbahan dasar durian bisa menjadi daya tarik tersendiri. Tanpa inovasi, minat masyarakat makin berkurang.
Jalan Keluar
Durian Loji sebetulnya punya peluang besar untuk bersaing dengan varietas nasional maupun impor seperti Musangking atau Montong.
Baca Juga:Universitas Singaperbangsa Karawang Awali Dies Natalis ke-11 dengan Ziarah ke Makam Adipati SingaperbangsaAyo Dorong Optimalisasinya, Realisasi Pendapatan Daerah Baru Capai 70,16 Persen hingga Triwulan III 2025
Namun tanpa perbaikan serius dari hulu hingga hilir, mulai dari kebun, bibit, distribusi, hingga branding durian kebanggaan Karawang ini bisa benar-benar “diremehkan” bahkan oleh warga daerahnya sendiri.
Lalu, sampai kapan orang Karawang sendiri lebih memilih durian luar ketimbang Durian Loji? (sahrul)