KBEONLINE.ID KARAWANG — Bagi masyarakat yang ingin membuat atau memperpanjang paspor di Kantor Imigrasi Karawang, kini prosesnya semakin mudah dan terbuka untuk pemohon dari daerah mana pun, tidak hanya warga Karawang.
Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian Kantor Imigrasi Karawang, Madriva Rumadyo Gusmaritno, menjelaskan bahwa seluruh proses pelayanan diawali secara daring melalui aplikasi M-Paspor. Melalui aplikasi ini, pemohon dapat mengambil antrean online sesuai tanggal dan waktu yang tersedia.
Setelah mendapatkan jadwal, pemohon wajib datang langsung ke Kantor Imigrasi Karawang sesuai waktu yang tertera. Setibanya di lokasi, langkah pertama adalah menuju meja informasi untuk menunjukkan bukti antrean online dan mendapatkan formulir data pemohon.
Baca Juga:Begini Tips Cara Ampuh dan Pasti Lolos BSU BPJS Ketenagakerjaan 2025!6 Rekomendasi Tempat Laundry Tetcepat dan Murah di Telukjambe
Selanjutnya, pemohon diarahkan ke customer service untuk pengecekan kelengkapan berkas. Setelah berkas dinyatakan lengkap, pemohon akan menerima nomor antrean untuk menunggu giliran foto dan wawancara.
Tahap akhir adalah pembayaran biaya paspor melalui loket layanan mobil Kantor Pos Indonesia yang tersedia di area kantor.
Saat ini, Kantor Imigrasi Karawang hanya melayani pembuatan paspor elektronik dengan tarif:
• Rp 650.000 untuk masa berlaku 5 tahun, dan
• Rp 950.000 untuk masa berlaku 10 tahun.
Adapun dokumen yang perlu disiapkan antara lain: KTP elektronik, Kartu Keluarga (KK), akta kelahiran, dokumen pendukung lainnya, serta paspor lama bagi yang hendak memperpanjang.
Dalam satu hari, Kantor Imigrasi Karawang menetapkan kuota 220 pemohon antrean online. Namun, jumlah tersebut dapat bertambah untuk layanan prioritas, seperti bagi lansia di atas 60 tahun, balita, disabilitas, dan ibu hamil.
Selain layanan reguler, Imigrasi Karawang juga menyediakan berbagai inovasi pelayanan, seperti jemput bola bagi pemohon yang sakit, layanan percepatan paspor, Eazy Passport, hingga layanan antar paspor ke rumah setelah selesai dicetak.
“Upaya-upaya ini kami lakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat,” ujar Madriva pada Jumat (7/11/2025).
