KBEonline.id- Qiscus, penyedia platform omnichannel agentic customer engagement terkemuka di Asia Tenggara, hari ini secara resmi mengumumkan telah menyelesaikan proses akuisisi Kokatto, perusahaan penyedia platform AI-omnichannel yang berfokus pada teknologi berbasis suara.
Langkah strategis ini memperkuat komitmen Qiscus dalam memperkuat ekosistem AI enterprise dan mengembangkan solusi AI berbasis suara yang lebih terintegrasi dan scalable untuk berbagai industri.
Teknologi berbasis suara terus memainkan peran penting pada enterprise customer engagement, khususnya untuk interaksi kompleks dan bervolume tinggi. Dengan terintegrasinya teknologi berbasis suara milik Kokatto, Qiscus menjadikan teknologi suara sebagai salah satu komponen utama pada ekosistem AI customer engagement miliknya.
Baca Juga:Antisipasi Laka Lantas Nataru, BNNK Karawang Tes Urine 25 Kru Bus di Terminal KlariLBH CAKRA Indonesia Desak JPU Segera Ajukan Banding Maksimal Atas Vonis Korupsi Petrogas Karawang
“Kami memasuki tahun 2026 dengan momentum yang kuat. Akuisisi ini mencerminkan strategi jangka panjang Qiscus dalam membangun solusi AI untuk enterprise. Dengan semakin berkembangnya operasional customer engagement pada enterprise, kanal suara menjadi salah satu channel paling kompleks yang harus diotomatisasi secara efektif. Teknologi AI-based voice milik Kokatto secara signifikan memperkuat penawaran AI enterprise kami sekaligus memperluas kapabilitas kami dalam mendukung bisnis mengelola high-impact conversations berskala besar. Fokus kami konsisten, yaitu menyajikan AI yang human-centered, terkontrol, dan aman,” ujar Delta Purna Widyangga, CEO dan Co-Founder Qiscus.
Keahlian Kokatto dalam otomatisasi suara berbasis AI dan manajemen panggilan akan memperkuat portofolio produk Qiscus yang telah ada, dengan menghadirkan otomatisasi yang lebih dalam, meningkatkan pemahaman konteks yang lebih baik, dan seamless customer engagement di seluruh kanal pesan dan suara.
Bagi pelanggan dan mitra, integrasi ini menghadirkan solusi AI yang lebih komprehensif dan siap untuk kebutuhan enterprise, yang dikembangkan berdasarkan rencana produk jangka panjang.
Qiscus mengkonfirmasi bahwa semua layanan akan beroperasi seperti biasa, dengan investasi berkelanjutan pada kualitas produk, peningkatan pengembangan fitur, dan layanan pelanggan jangka panjang.
Sepanjang tahun, Qiscus telah menunjukan tingkat adopsi yang kuat pada solusi AI nya. Beberapa klien. Beberapa clients mengungkapkan telah sukses mengurangi workload human-agent hingga 30%, sementara yang lain berhasil mengotomatisasi customer inquiries hingga 75%.
