5 Rumus Dasar Excel yang Wajib Kamu Ketahui

Microsoft Excel (Foto/Microsoft)
Microsoft Excel (Foto/Microsoft)
0 Komentar

Microsoft Excel menyediakan berbagai fitur rumus yang dapat mempermudah penggunanya dalam menyelesaikan tugas-tugasnya. Karenanya kamu perlu tahu 5 rumus dasar excel untuk mempermudah tugas-tugas di Excel.

Pada dasarnya, rumus Excel dapat kita kelompokkan menjadi dua jenis, yaitu rumus fungsi (function) yang merupakan templat rumus bawaan dari Microsoft Excel, dan rumus formula yang merupakan rumus yang diketikkan secara manual oleh pengguna.

Manfaat dari penggunaan rumus Excel sangat beragam, salah satunya adalah kemampuannya memberikan perhitungan dengan akurasi tinggi, terutama ketika menangani data dalam jumlah besar.

Baca Juga:10 Rumus Excel yang Paling Sering DigunakanCatat Ini! Kumpulan Rumus Excel untuk Kamu yang Baru Belajar

Menguasai rumus Excel merupakan suatu keharusan dalam menjalankan aplikasi Excel, dan setiap rumus harus dimulai denganĀ  sama dengan (=).

Rumus Excel terbagi menjadi dua kategori utama, yakni rumus Formula dan rumus Function. Bagaimana perbedaannya?

Rumus Formula adalah rumus yang secara manual diketik oleh pengguna Excel, seperti contoh rumus “=B1+B2+B3” atau “=C1-C2/C3”.

Sementara itu, Rumus Function adalah templat rumus yang sudah disediakan oleh Microsoft Excel, seperti contoh rumus “=SUM(A1:A3)” atau “MIN(A1:A5)”.

Di lingkungan profesional, kedua jenis rumus tersebut seringkali digunakan. Rumus formula umumnya digunakan untuk data-data yang bersifat sederhana, sementara rumus function lebih sering diterapkan pada pengolahan data dengan skala besar.

Secara umum, di dunia kerja, rumus Excel yang paling umum digunakan adalah rumus function. Keunggulan ini disebabkan oleh variasi dan kemudahan penggunaan yang dimiliki oleh rumus function.

=SUM(A2:A6)

MAX dan MIN

MAX dan MIN merupakan rumus Excel yang berperan dalam mencari nilai tertinggi atau terendah dalam rentetan sel yang berisikan angka.

0 Komentar