Beda dengan Indonesia dan Malaysia, Brunei Baru Lebaran Hari Kamis Ini

Beda dengan Indonesia dan Malaysia, Brunei Baru Lebaran Hari Kamis Ini
Beda dengan Indonesia dan Malaysia, Brunei Baru Lebaran Hari Kamis Ini
0 Komentar

KBEONLINE.ID- Beda dengan Indonesia, Singapura dan Malaysia, Brunei Baru Lebaran Hari Kamis Ini.

Dan penetapan Idul Fitri di Brunei pada 11 April 2024 ini disetujui oleh Sultan Haji Hassanal Bolkiah

Pengumuman ini disiarkan oleh Radio Televisi Brunei ini pada Selasa (9/4) malam waktu setempat.

Baca Juga:12 Jenazah Korban Kecelakaan Maut Km 58 Tol Japek Dipindah dari RSUD Karawang ke RS PolriNgaku Bagian dari Perjalanan Spiritual Imam Jemaah Aolia Ucapkan 'Telepon Allah', Begini Respon Kiai NUĀ 

Adapun salat Id akan dilaksanakan di semua masjid dan surau besar di negara tersebut. Mereka juga akan merayakan hari libur umum selama tiga hari.

Untuk diketahui, Brunei termasuk dalam negara MABIMS. MABIMS adalah singakatan dari Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura. Keempat negara ini menyepakati penetapan kriteria hilal.

Berbeda dengan Brunei, Indonesia, Malaysia dan Singapura menetapkan Idul Fitri jatuh pada 10 April 2024. Ketiga negara ini telah melaksanakan perayaan Idul Fitri 1445 H hari ini. Sementara itu Malaysia dan Singapura juga merayakan Idul Fitri 1445 H Rabu kemarini. Indonesia dan keduanya merupakan negara yang menyepakati kriteria penentuan hilal MABIMS.

Dikutip dari laman Kemenag RI, MABIMS adalah singakatan dari Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura. Diketahui, pada 2016 Menteri Agama anggota MABIMS menyepakati kriteria baru yaitu tinggi hilal 3 derajat dan elongasi 6,4 derajat.

Indonesia, Malaysia dan Singapura menetapkan Idul Fitri jatuh pada 10 April 2024. Sementara Brunei menetapkan Idul Fitri jatuh pada 11 April 2024.

 Raja Malaysia Sultan Ibrahim dan Ratu Zarith Sofia mengadakan Open House di Istana Negara Kuala Lumpur. Mereka menyambut sekitar 400 orang yang merayakan Idul Fitri. Adapun sebelumnya mereka telah menunaikan salat Id di Surau Utama.

Selain itu, di Istana Negara juga hadir Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim dan istrinya, Wan Azizah. Acara ini juga dihadiri oleh menteri-menteri kabinet.

Baca Juga:Berkah Lebaran, 835 Narapidana Lapas Karawang Dapat Pengurangan Hukuman, 3 DibebaskanWarga Karawang Antusias Datangi RDB Saat Bupati Aep Gelar Open House

Sementara itu, dilansir dari Channel News Asia, Rabu (10/4), Singapura juga merayakan Idul Fitri hari ini. Penetapan ini sebelumnya telah diumumkan oleh Mufti Singapura, Nazirudin Mohd Nasir.

“Menurut perhitungan astronomi, bulan sabit bulan Syawal memang muncul saat matahari terbenam hari ini selama 32 menit,” ujarnya. ##

 

 

0 Komentar