PENCEGAHAN : Camat Cilamaya Kulon, Rully Sutrisna, saat melakukan cek suhu tubuh dengan termometer inframerah kepada seluruh kepala desa yang akan serah terima jabatan.

Kades dan Muspika Cek Suhu Tubuh

KARAWANG – Muspika Kecamatan Cilamaya Kulon, melakukan prosesi serah terima jabatan (Sertijab) 4 kepala desa yang baru terpilih, Selasa, (24/3/2020) kemarin, di aula Kantor Camat Cilamaya Kulon.
Guna mencegah penyebaran virus korona, serta menjalankan amanat dalam Surat Edaran Bupati. Sebelum kegiatan sertijab tersebut harus memperhatikan protokol standar pencegahan Covid-19.
Sebelum memasuki ruangan, para kades dan muspika wajib melakukan sterilisasi tubuh. Selain dilakukan pengecekan suhu tubuh dengan termometer inframerah. Para Kades, Camat, Kapolsek, Danramil, serta hadirin di ruang sertijab harus mencuci tangan dan memakai hand sanitizer terlebih dulu.
Camat Cilamaya Kulon, Rully Sutrisna mengatakan, hal tersebut dilakukan guna mencegah penyebaran virus korona. Selain itu, peserta yang hadir di acara sertijab pun terbatas. Hanya 3 orang per desa, yaitu kepala desa terpilih dan istri, serta ketua BPD masing-masing.
“Sertijab ini sudah diagendakan. Jadi tetap dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol pencegahan Covid-19,” ujar Rully, kepada KBE.
Rully mengatakan, dalam kontestasi Pilkades kemarin, empat desa diantaranya Desa Pasirjaya, Desa Sukamulya, Desa Kiara, dan Desa Bayur Kidul, telah memiliki kades baru. Dari ke empat desa tersebut, kata Rully, hanya Petahana Kepala Desa Kiara yang berhasil kembali maju. Sementara, di tiga desa yang lain memiliki kepala desa baru.
“Kami berharap para kepala desa yang baru dilantik ini bisa segera melanjutkan program pembangunan,” harapnya.
Rully juga mengimbau, agar para kepala desa di Kecamatan Cilamaya Kulon, tetap mematuhi Surat Edaran Bupati serta Maklumat Kapolri. Agar virus korona tidak sampai menyebar di Kecamatan Cilamaya Kulon.
“Pasca Pilkades, saya harap kepala desa terpilih bisa merangkul lawan politiknya kemarin. Ajak mereka untuk bersama-sama membangun desa,” ucapnya.
Salah satu kepala desa yang di lantik, Abdul Hakim menuturkan, penyebaran virus Covid-19 tak bisa dianggap remeh. Apa lagi, kata dia, saat ini Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana telah positif terpapar virus korona.
Karena itu, ia mengaku, bakal melakukan isolasi mandiri di rumah selama 14 hari ke depan. Sambil tetap menjalankan roda pemerintahan di masa transisi dari kades sebelumnya.
“Saya juga mengimbau kepada masyarakat untuk selalu hidup bersih dan sehat,” ujar Kepala Desa Pasirjaya tersebut.
“Dan untuk sementara, jangan melakukan aktifitas di luar rumah kalau tidak terlalu penting,” tegasnya. (wyd/rie)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here