Raih Tiket Olimpiade Tokyo untuk Indonesia

0

Melani Putri, Atlet Dayung Karawang Segudang Prestasi

Kabupaten Karawang patut berbangga memiliki sosok atlet seperti Melani Putri. Bagaimana tidak, diusianya yang masih muda atlet dayung kelahiran Karawang, 21 Juli 2000 ini memiliki segudang prestasi bahkan telah berhasil mencicipi seluruh event olahraga termasuk ajang olahraga terbesar di dunia, Olimpiade.

YA, Olimpiade Tokyo 2021 menjadi event terbaru yang sukses ditaklukkan Melani. Putri bungsu dari pasangan Rusgan dan Emi ini berhasil meraih tiket setelah dinyatakan lolos pada babak kualifikasi rowing zona Asia/Oceania di Tokyo, Jepang, pada awal Mei lalu. Saat itu, Melani yang turun di nomor lightweight women’s double sculls (LWX2) dengan Mutiara Rahma Putri finis di posisi ketiga di bawah Jepang dan Vietnam.

“Di akhir pertandingan, kami sebenarnya finis di posisi keempat di bawah Jepang, Vietnam, dan Iran. Namun karena Iran sudah mengantongi satu tiket lolos sehingga Indonesia berhak naik ke peringkat ketiga dan lolos kualifikasi. Alhamdulillah sangat senang dan bangga. Saya pribadi tidak menyangka, karena bisa berlaga di Olimpiade merupakan impian bagi seorang atlet. Insyaallah pada Olimpiade yang digelar Juli kami akan berusaha memberikan yang terbaik untuk Indonesia,” ujar Melani, kepada KBE, Minggu (23/5/2021).

Sebelum meraih tiket Olimpiade, gadis yang mengenal olahraga dayung mulai 2014 ini telah mencicipi event olahraga lainnya seperti Porprov (provinsi), PON (nasional), SEA Games (Asia Tenggara), dan Asia Games (Asia). Tak hanya di level senior, Melani juga pernah berlaga di tingkat pelajar dan mahasiswa.

Hebatnya, mahasiswi semester 4 Unsika ini tak hanya sekedar berpatisipasi tapi mampu mencatatkan prestasi seperti menyumbangkan 1 emas dan 1 perunggu di PON 2016, 2 emas Poprov Jabar 2018, serta beberapa prestasi seperti di Popnas, Kejurnas hingga kejuaraan tingkat Asia.

Pengurus Cabang Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Kabupaten Karawang, Alia Maedina mengaku bangga atas keberhasilan Melani menembus Olimpiade Tokyo. Ia berharap Melani bisa memberikan yang terbaik bagi kontingen Indonesia dengan menyumbangkan medali.

“Keberhasilan lolos ke Olimpiade Tokyo tak lepas dari kerja keras dalam latihan yang diajalni. Ini merupakan sejarah bagi olahraga Karawang. Semoga prestasi Melani ini bisa memotivasi atlet lainnya yang ada di Karawang, khususnya cabang olahraga dayung untuk lebih semangat dalam berlatih demi mengukir prestasi yang membanggakan,” ucap perempuan yang juga aktif di Pengprov PODSI Jabar dan PB PODSI ini. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here