KARAWANG – Eks bendahara DPC Demokrat Karawang, Yesi Karya Lianti loncat mendaftar menjadi kader PDI Perjuangan. Langkah politik ini dia ambil tak lama setelah dia menyatakan diri mundur sebagai kader partai berlogo mercy.

Langkah Yesi mundur dari Partai Demokrat memang sudah tercium sejak secara blak-blakan ingin menantang mantan kakak iparnya sendiri, Cellica Nurrchadiana yang saat ini menjabat Ketua DPC Demokrat Karawang sekaligus Bupati Karawang pada Pilkada Karawang yanh tinggal menyisakan hitungan bulan.

Namun langkah dia secara mendadak mendaftarkan diri menjadi kader parta berlogo mocong putih justru agak mengagetkan publik. Lantaran ia tempuh selang beberapa hari setelah ia mengundurkan diri dari Partai Demokrat.

Histori hubungan kedua partai ini, jika ditarik dari elite politik di Jakarta padahal tidak cukup baik. Alias kerap perang urat-nadi. Terlebih publik tahu, masing-masing ketua umum kedua partai ini juga memiliki rekam jejak hubungan yang kurang baik.

Jika kepindahan Yesi, turut serta membawa sejumlah gerbong kader Partai Demkratdi akar rumput pindah juga ke PDIP, disinyalir hubungan kedua partai ini dari tingkat atas sampai di kabupaten bakal menghangat kembali.

“Iya,” kata Yesi mengonfirmasi kepindahan menjadi kader PDIP.

Ketua DPC PDIP Karawang, Taufik “Pipik” Ismail mengatakan tak bisa menghalang-halangi masuknya Yesi menjadi kader PDIP Perjuangan. Lantaran kata Pikik, merupakan hak setiap warga negara untuk masuk ke partai PDI Perjuangan.

“Kita tidak bisa melarang siapa pun yang masuk ke partai kita. Apalagi dia (Yesi,red) sudah resmi mengundurkan diri dari partainya, surat resminya dilampirkan semuanya,” ucapnya kepada KBE, Rabu (29/01).

Dikatakan Pipik ini, Yesi sudah melakukan komunikasi dengan DPD PDI Perjuangan Jawa Barat dan menyatakan keseriusannya ingin bergabung dengan PDI Perjuangan.

“Berarti kan serius bergabung dengan PDIP. Keseriusan itu yang kita realisasi, dan itu hak dia. Masalah peluang dia untung di Cabub atau Cawabup itu kan masalah teknis,” tuturnya.

Sebelumnya, persetruan Cellica Nurrchadiana dengan Yesi Karya Lianti yang notabene merupakan adik mantan suaminya nampaknya tidak main-main. Setelah terang-terangan menyatakan ingin menantang Cellica di panggung Pilkada Karawang, Yesi pun resmi mengundurkan diri dari kepengurusan partai.

Yesi tercatat sebagai pengurus DPD  Partai Demokrat Jabar dan sekaligus Bendahara I DPC Demokrat Kabupaten Karawang. Saat dikonfirmasi oleh KBE, Yesei dengan tegas membenarkan pengunduran diri ia dari kepenguruan parta berlambang mercy itu.

“Ya benar, Kang, Untuk surat resmi ke DPC besok (hari ini,red) saya antarkan suratnya. Saya masih koordinasi dengan orang DPC,” kata dia kepada KBE. “Ucapan terima kasih saya sampaikan kepada Ketua DPD Partai Demokrat yang selama ini telah melimpahkan kepercayaan kepada saya menjadi pengurus Partai Demokrat DPD Jawa Barat,” tulis Yesi dalam surat pengunduran dirinya dari pengurus Partai Demokrat.

Pengunduran diri Yesi dilakukan berbarengan di saay mantan istri kakanya yang diketahui menjabat Ketua DPC Partai Demokrat Karawang sekaligus Bupati Karawang sedang tidak ada di Karawang alias sedang pergi umrah ke  tanah suci.

“Dengan berat hati saya menyampaikan yang sebenarnya pengunduran diri saya dari kepengurusan dan keanggotaan Partai Demokrat. Pengunduran diri ini demi mengikuti keyakinan dan hati nurani saya mengenai pandangan politik yang saya yakini.”.

Pengunduran diri Yesi sekaligus secara terang-terangan menantang Cellica semakin menegaskan hubungan keduanya yang bbeberapa tahun terakhir sangat dekat layaknya saudara kandung kendati Cellica sudah berpisah dengan kakak Yesi, kini disinyalir benar-benar retak.

Keluarga besar Yesi yang 10 tahun lalu ikut mendukung kemenangan Ade-Swara-Cellica dan toh-tohan menghantarkan Cellica jadi bupati berpasangan dengan Ahmad “Jimmy” Zamakhsyari lima tahu lalu, diprdiksi bakal membelot alias tidak akan lagi mendukung Cellica di Pilkada Karawang kali ini, artinya simpatisan Cellica bakal sidikit mengurang di wilayah Cikampek  rumah keluarga besar Yesi Karya. (gie/mhs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here