Hari Ini, 5 Parpol di Karawang Deklarasi ‘Poros Juang’

0
57

KARAWANG- Sejumlah partai politik menggas poros baru yang mereka sebut “Poros Juang”. Disinyalir poros ini ingin lepas dari bayang-bayang calon petahana, khusunya Cellica Nurrachadiana. Hari ini, Selasa (28/1) dijadwalkan, gabungan sejumlah parpol yang terdiri dari PDIP, PAN, Hanura, PBB dan PPP ini akan mendeklarasikannya.

Meski akan deklarasi, namun gabungan parpol ini blak-blakkan kepada awak media belum punya calon baik balon bupati atau wakil bupati yang akan diusung. Adapun kalkulasi kursi gabungan partai ini, terhitung ada 11 kursi. Artinya, bahkan mereka bisa mengusung calon sendiri tanpa perlu lagi kasak-kusk mencari koalisi tambahan.

“Kami tidak terburu-buru dulu mengambil keputusan untuk menetapkan bakal calon bupati-wakil bupati yang diusung karena dinamika politik masih terus berkembang. Dalam kondisi ini, segala kemungkinan bisa terjadi,” kata Ketua DPD PAN Karawang, Bambang Maryono kepada awak media.

Bambang menuturkan, pendeklarasian poros juang merupakan langkah politik gabungan partai ini menyatakan kekuatan politik mereka untuk bertarung di Pilkada Karawang yang tinggal menghitung bulan.

Bambang akui, ada komitmen para peminat nyalon bupati yang telah mendaftarkan diri di parpol kekuatan Poros Juang saling dukung tatkala rekomendasi sudah turun. “Karena di antara mereka juga daftar di Gerindra, sangat dimungkinkan kami berkoalisi dengan Gerindra. Bahkan bukan mustahil bergabung ke kubu petahana,” ungkapnya.

Dipertegas Bambang, perubahan nama dari Poros Perjuangan menjadi Poros Juang adalah bentuk toleransi politik tatkala di keluarga Fraksi Pangkal Perjuangan DPRD Karawang terdapat NasDem yang sudah berada di barisan Cellica Nurrachadiana. “Kabarnya NasDem ikut koalisi Demokrat, Golkar, dan PKS. Sedangkan kami, PAN, PBB, PPP, serta Hanura bersama-sama dengan PDIP. Kami juga mengajak PKB. Komunikasi politik terus kami intensifkan,” tandasnya. (bbs/mhs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here