PKK KARAWANG CERDAS: Warga belajar PKBM Assolahiyah Karawang saat mengikuti lauching program PKK Karawang Cerdas di PKBM Assolahiyah belum lama ini.

Disalurkan ke PKBM dalam Bentuk Program Life Skill

KARAWANG – Sebanyak 1.070 warga belajar (WB) Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) di Kabupaten Karawang terdaftar sebagai penerima beasiswa Karawang Cerdas 2020. Mereka mendapatkannya dalam bentuk program life skill yaitu PKW (Pendidikan Kecakapan Wirausaha), PKK (Pendidikan Kecakapan Kerja), dan PKH (Pendidikan Kecakapan Hidup).
Kepala Bidang PAUD dan Dikmas, Disdikpora Karawang, Sitti Imas Massitoh, didampingi Kasi Dikmas, Kosim Taryana, mengatakan, 1.070 warga belajar penerima program beasiswa Karawang Cerdas berasal dari 48 PKBM yang ada di Karawang.
“Alhamdulillah, seluruh PKBM di Karawang mendapatkan beasiswa Karawang Cerdas 2020. Ini adalah bukti keseriusan Pemkab Karawang dalam upaya mengembangkan dan meningkatkan sumber daya manusia di Kabupaten Karawang,” ujar Imas, kepada KBE, Kamis (3/12/2020).
Seperti tahun sebelumnya, jelas Imas, beasiswa diterima warga belajar dalam bentuk program life skill yang disalurkan ke PKBM. Jenis program life skill tersebut yaitu PKW, PKK dan PKH.
“48 PKBM tersebut berbeda-beda dalam mengambil program life skill. 11 PKBM mengambil program PKW, 21 PKBM program PKK, dan 16 PKBM program PKH. Bentuk program PKW contohnya seperti servis AC, PKK seperti menjahit, dan PKH seperti memelihara domba,” jelasnya.
Imas berharap, seluruh PKBM mampu memanfaatkan beasiswa Karawang Cerdas sesuai juknis. Sehingga seluruh warga belajar yang menerima bisa memiliki keterampilan berwirausaha, bekerja di dunia industri, dan bekal hidup di tengah masyarakat.
“Semoga melalui beasiswa Karawang Cerdas yang diterima warga belajar ini bisa memunculkan ekonomi kreatif di tengah terjadinya pandemi covid-19,” harapnya.
“Nantinya, sample produk Karawang Cerdas hasil karya warga belajar akan dipajang di display galeri Karawang Cerdas PKBM Karawang yang ada di kantor Bidang PAUD dan Dikmas, Disdikpora Karawang,” pungkasnya menambahkan. (ayi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here