Sebanyak 1.340 lembaga PAUD di Kabupaten Karawang menerima dana Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) di tahun 2021.

KARAWANG – Sebanyak 1.340 lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kabupaten Karawang menerima dana Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) di tahun 2021. Total dana yang dikucurkan pemerintah di tahap 1 mencapai Rp 14,4 miliar.

Kepala Bidang PAUD dan Dikmas, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Karawang, Sitti Imas Massitoh, melalui Kasi PAUD, Juhdiana mengatakan, setiap tahunnya dana BOP PAUD akan diterima lembaga dalam dua tahap. Tahap 1 yaitu periode Januari-Juni, kemudian tahap 2 Juli-Desember.

“Untuk tahap satu sudah mulai dicairkan dari kemarin (Selasa). Alhamdulillah, hari ini (kemarin) seluruh lembaga sudah menerimanya dengan total anggaran mencapai 14.4 miliar rupiah,” ujar Juhdiana, kepada KBE, Rabu (14/7/2021).

Dijelaskan Juhdiana, besaran dana BOP yang diterima lembaga PAUD per tahunnya sebesar Rp 600 ribu per siswa. Maka dari itu, dalam setiap tahapnya akan dicairkan Rp 300 ribu per siswa.

“Proses pencairannya dikirm langsung ke rekening masing-masing lembaga,” jelasnya.

Juhdiana menambahkan, dana BOP PAUD diperuntukan untuk tiga poin utama yaitu kegiatan pembelajaran dan bermain, kegiatan pendukung pembelajaran dan bermain, dan pemenuhan administrasi satuan pendidikan.

“Setiap poin utama tersebut memiliki rinciannya masing-masing. Misalnya dalam poin kegiatan pendukung pembelajaran dan bermain ada pembayaran honorarium pendidik dan lain-lain,” ucapnya.

Lebih lanjut Juhdiana berharap, semua lembaga penerima dana BOP tersebut agar mempergunakannya sesuai dengan juknis agar tidak menyalahi aturan. (ayi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here