PELAKSANAAN PPDB: SMPN 5 Karawang Barat saat melaksanakan PPDB. Tercatat, 167 pendaftar bersaing masuk ke SMPN 5 Karawang Barat dalam PPDB SMP/MTs negeri tahap 1 di Kabupaten Karawang.

KARAWANG – 167 pendaftar bersaing masuk ke SMPN 5 Karawang Barat dalam proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMP/MTs negeri tahap 1 di Kabupaten Karawang.

Kepala SMPN 5 Karawang Barat, Endang Basri, didampingi Wakasek Kurikulum (ketua panitia PPDB), Tatang Juhana, Wakasek Kesiswaan (sekretaris panitia PPDB), Eka Sri Sumiati, dan anggota panitia PPDB, Yayah Sri Murdiah, mengatakan, PPDB tahap 1 berlangsung mulai 29 Juni hingga 1 Juli.

“Tahap ini berlaku untuk jalur zonasi satu desa dengan sekolah tujuan sebesar 50 persen, afirmasi/keluarga ekonomi tidak mampu sebesar 20 persen, dan perpindahan tugas orang tua/wali, luar kabupaten, anak guru dan tendik sebesar 5 persen,” ujar Endang, saat ditemui KBE di ruang kerjanya, Rabu (1/7).

Dalam tiga hari pelaksanaan PPDB tahap 1, Endang menyebutkan, sekolah yang dipimpinnya mencatatkan sebanyak 167 pendaftar. Yaitu 58 pendaftar jalur zonasi satu desa dengan sekolah tujuan, 80 pendaftar jalur afirmasi/keluarga ekonomi tidak mampu, dan 29 pendaftar jalur perpindahan tugas orang tua/wali, luar kabupaten, anak guru dan tendik.

“Tahun ini kami menyediakan sebanyak 440 kuota untuk mengisi 11 rombongan belajar (rombel). Dari hasil tahap pertama ini kuota zonasi masih menyisakan kuota yang sangat banyak karena total kuotanya 220. Begitu juga dengan jalur afirmasi yang masih menyisakan kuota karena total yang tersedia 88. Sedangkan jalur perpindahan tugas orang tua/wali, luar kabupaten, anak guru dan tendik jumlah pendaftar melebihi kuota yang tersedia yaitu 22,” ucapnya.

Endang menegaskan, meski masih banyak menyisakan kuota, SMPN 5 Karawang Barat optimistis bisa memenuhi kuota yang disediakan. Pasalnya, PPDB masih akan berlangsung hingga 7 Juli mendatang.

PPDB tahap kedua, lanjut dia, akan bergulir pada 2-3 Juli untuk jalur zonasi desa yang berbatasan langsung dengan sekolah tujuan (apabila zonasi satu desa dengan sekolah tujuan masih menyisakan kuota), dan prestasi non akademik sebesar 15 persen.

Kemudian, PPDB tahap ketiga pada 4-5 Juli untuk jalur zonasi desa se-kecamatan dengan sekolah tujuan (apabila zonasi desa yang berbatasan langsung dengan sekolah tujuan masih menyisakan kuota).

Selanjutnya, PPDB tahap terakhir digelar pada 6-7 Juli untuk jalur prestasi akademik sebesar 10 persen, ditambah sisa kuota masing-masing jalur.

“Semoga PPDB tahun ini bisa berjalan lancar hingga akhir. Baik dalam proses pendaftaran lulusan tahun pelajaran 2019-2020 yang dilakukan kolektif oleh sekolah asal secara online melalui laman https://ppdb.disdikpora.karawangkab.go.id, maupun pendaftaran bagi lulusan tahun pelajaran 2018-2019 dan tahun sebelumnya yang dilakukan secara perorangan dengan datang langsung ke sekolah yang dituju,” harapnya. (ayi/mhs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here