252 Tutor Kesetaraan Terima Insentif Mulai 2021

0

Berasal dari 49 PKBM di Karawang

KARAWANG – Sebanyak 252 tutor pendidikan kesetaraan di lingkup Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Karawang bisa bernafas lega. Pasalnya, mereka akan diberikan bantuan insentif oleh Pemerintah Kabupaten Karawang mulai 2021.
Kepala Bidang PAUD dan Dikmas, Disdikpora Karawang, Sitti Imas Massitoh, mengatakan, 252 tutor pendidikan kesetaraan yang akan menerima insentif berasal dari 49 Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) yang ada di Karawang.
“Mereka yang mendapatkan insentif adalah tutor induk atau inti yang ada di PKBM, telah mengabdi lebih dari dua tahun dan tentunya tercatat di dapodik,” ujar Imas, saat ditemui KBE di ruang kerjanya, Rabu (6/1/2021).
Mengenai besaran insentif yang akan diterima, jelas Imas, yaitu Rp 400 ribu per bulan dengan tiga tahapan pencairan setiap tahunnya. “Jadi dalam waktu empat bulan sekali insentif ini akan diterima para tutor,” ucapnya.
Imas menegaskan, insentif bagi para tutor merupakan bentuk perhatian Pemkab Karawang dalam upaya peningkatan kesejahteraan bagi pendidik dan tenaga kependidikan yang berkecimpung di pendidikan nonformal.
“Kami berharap adanya insentif ini mampu memotivasi para tutor untuk meningkatkan kinerja yang lebih baik lagi dalam mengabdi kepada masyarakat. Sehingga bisa melahirkan lulusan pendidikan kesetaraan yang berkualitas dan siap bersaing di tengah masyarakat,” harapnya.
Ketua Forum Komunikasi Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (FK-PKBM) Kabupaten Karawang, Heru Saleh, mengaku bersyukur atas adanya insentif bagi para tutor PKBM mulai 2021. Menurutnya, ini semua bukti bahwa Pemkab Karawang tidak membeda-bedakan terhadap pendidikan formal dan nonformal.
“Semoga ke depannya Pemkab Karawang juga bisa mengakomodir warga belajar pendidikan kesetaraan yang usianya di atas 21 tahun. Karena selama ini mereka belum terakomdir oleh bantuan dari pemerintah pusat,” harapnya. (ayi/mhs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here