UJIAN PENDIDIKAN KESETARAAN: Kepala Bidang PAUD dan Dikmas, Sitti Imas Massitoh dan Kasi Dikmas, Kosim Taryana (foto atas). PKBM Al Muhajirin Lemahabang saat menggelar ujian pendidikan kesetaraan.

Jenjang Paket A, Paket B dan Paket C

KARAWANG – Sebanyak 5.003 warga belajar (WB) yang berasal dari 49 Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) dan 1 Satuan Pendidikan Nonformal Sanggar Kegiatan Belajar (SPNF SKB) di Kabupaten Karawang menjalani ujian pendidikan kesetaraan (UPK) paket A (setara SD), paket B (setara SMP) dan paket C (setara SMA), 5-21 April 2021.
Kepala Bidang PAUD dan Dikmas, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Karawang, Sitti Imas Massitoh, didampingi Kasi Dikmas, Kosim Taryana, mengatakan, jumlah peserta tersebut terdiri dari 328 WB jenjang paket A, 1.483 WB jenjang paket B, dan 3.192 WB jenjang paket C.
“UPK diawali jenjang paket C pada 5 hingga 8 April. Dilanjutkan jenjang paket B pada 12 sampai 15 April. Kemudian paket A pada 19 hingga 21 April,” ujar Imas, kepada KBE, Kamis (15/4/2021).
Dijelaskan Imas, selama pelaksanaan UPK para peserta setiap jenjang kesetaraan mengerjakan jumlah mata pelajaran yang berbeda. Untuk jenjang paket A sebanyak 5 mata pelajaran, paket B 7 mata pelajaran dan Paket C IPA/IPS 9 mata pelajaran.
“UPK yang dilaksanakan dengan moda daring dan luring ini digelar dalam tiga sesi setiap harinya. Kemudian untuk jadwal UPK susulan paket C telah dilaksanakan pada 10 dan11 April, UPK susulan paket B akan digelar pada 17 dan 18 April, dan UPK susulan paket A pada 24 dan 25 April,” jelasnya.
Imas berharap, UPK yang digelar sebagai kegiatan pengukuran capaian kompetensi peserta didik yang dilakukan satuan pendidikan dengan mengacu pada standar kompetensi lulusan untuk memperoleh pengakuan atas prestasi belajar, dapat berjalan dengan lancar hingga akhir.
“Semoga semua peserta mendapatkan nilai yang memuaskan. Untuk pengumuman kelulusan warga belajar akan dilaksanan dalam rentang waktu Mei dan Juni. Paket C pada 3 Mei, paket B pada 4 Juni dan paket A dilaksanakan 15 Juni,” katanya. (ayi/mhs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here