INCAR EMAS: Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Kabupaten Karawang berhasil meloloskan 15 nomor dalam babak kualifikasi Pekan Olahraga Provinsi 2021. PASI pun menargetkan bisa menyumbangkan emas dalam perhelatan Porprov Jabar tahun ini.

Loloskan 15 Nomor di Babak Kualifikasi

KARAWANG – Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Kabupaten Karawang berhasil meloloskan 15 nomor dalam babak kualifikasi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) cabang olahraga atletik pada Desember 2021. Atas capaian tersebut, pengurus PASI menargetkan bisa menyumbangkan medali emas dalam perhelatan Porprov Jabar 2022.

“Alhamdulillah dalam babak kualifikasi yang dilaksanakan pada tanggal 14 sampai 16 Desember 2021 di Lapangan Atletik Arcamanik Kota Bandung, kami meloloskan 15 nomor. Jadi total ada 16 nomor yang lolos ke Porprov karena ditambah satu nomor yang otomatis lolos. Dari jumlah nomor tersebut kami targetkan minimal satu emas,” ujar Ketua Umum PASI Karawang, Usep Rahman Daud, kepada KBE, Rabu (5/1).

Usep menyebutkan, 15 nomor yang lolos dalam babak kualifikasi yaitu lempar lembing, 4×100 meter, 5.000 meter, 3.000 meter, 1.500 meter, 800 meter, 4×400 meter, 400 meter, 200 meter, 100 meter, 10.000 meter, lompat jangkit, lompat jauh, lempar martil, dan tolak peluru. Sedangkan satu nomor yang otomatis lolos Porprov adalah setengah marathon (mini marathon).

“Dari total 16 nomor yang lolos terdapat 21 atlet yakni Abdul Azis, Andika Putra Nasution, Ardiansyah, Ari Gunawan, Burhan, Dennis Jeremy Yoel Bakulu, Dionisius Bai Meo, Heri Muhamad Arif, Ivan Oktavian, Megiarto Johan Balla, Muhamad Rafli Maulana Sasmita, Muhammad Gema Dzulfa, Subhan, Tubagus Haryanto, Yosep Ariyanto Ana Pah, Muhamad Taufiqurrahman, Irma Suryani, Laharous Darus, Risky Aditya Salarupa, Muamar, dan Apriadin,” ucapnya.

“Jumlah atlet lebih banyak dari nomor yang lolos karena ada nomor yang dimainkan secara beregu seperti 4×100 meter dan 4×400 meter,” tambahnya.

Mengenai nomor yang ditargetkan meraih emas, Usep mengatakan, akan coba direalisasikan dari nomor lompat jangkit. Pasalnya, nomor tersebut merupakan andalan tim atletik saat berhasil meraih perak dalam gelaran Porprov Jabar 2018 di Kabupaten Bogor.

“Kami juga akan tetap berusaha meraih medali lebih banyak lagi dengan memaksimalkan pencapaian beberapa nomor lainnya. Karena dalam babak kualifikasi ada beberapa nomor yang mampu menempati posisi dua besar seperti nomor 800 meter, 400 meter, serta beberapa nomor di posisi tiga besar. Terlebih kami memiliki atlet-atlet potensial salah satunya Irma (Suryani) yang selalu meraih banyak medali di level junior dan remaja dari nomor lompat jauh dan lari 100 meter putri,” tegasnya.

Untuk bisa merealisasikan target yang diusung, Usep menjelaskan, PASI Karawang telah mulai menggelar latihan rutin sejak awal Januari 2022.

“Selain latihan rutin, kami berharap tim bisa menjalani try out sebelum pelaksanaan Porprov bergulir. Karena tim membutuhkan evaluasi untuk mengetahui kekuatan yang dimiliki dari hasil proses latihan yang dijalani. Try out juga tentunya akan meningkatkan mental bertanding atlet,” harapnya. (ayi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here