Beasiswa Korban Covid-19 Sasar Pendidikan Kesetaraan

0

FK-PKBM Imbau PKBM di Karawang segera Mendata

KARAWANG – Pemerintah Kabupaten Karawang akan memberikan beasiswa kepada peserta didik yang orang tua kandungnya meninggal dunia karena terpapar covid-19. Beasiswa yang dimasukan dalam program Karawang Cerdas tersebut tak hanya diperuntukan bagi peserta didik dari pendidikan formal seperti SD, SMP, dan SMA, tapi menyasar warga belajar dari pendidikan kesetaraan (Paket A, B dan C).

Ketua Forum Komunikasi Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (FK-PKBM) Kabupaten Karawang, Heru Saleh menyambut baik adanya kebijakan pemerintah tersebut. Menurutnya, beasiswa akan sangat bermanfaat untuk mendorong peserta didik tetap mengenyam pendidikan di tengah keterbatasan yang mereka alami.

“Kami sudah menerima surat edaran dari Disdikpora pada 30 Juli. Terima kasih atas perhatian Pemerintah Kabupaten Karawang khususnya kepada pendidikan kesetaraan. Beasiswa ini tentunya akan memberikan motivasi kepada warga belajar  tetap semangat dalam menempuh pendidikan,” ujar Heru, kepada KBE, Senin (2/8/2021).

Dikatakan Heru, kasus orang tua peserta didik yang meninggal karena terpapar covid-19 di Karawang memang tak bisa dihindari. Hal ini seiring tingginya kasus kematian yang terjadi dalam beberapa pekan terakhir.

“Belum lama ini kami mendapatkan kabar salah satu warga belajar di PKBM Riksa Ilmu Karawang harus kehilangan orang tuanya karena terpapar covid-19. Ini menjadi contoh nyata adanya peserta didik yang menjadi korban covid-19,” katanya.

Karena itu, Heru mengimbau, 50 PKBM yang ada di Karawang segera mendata dan melaporkan peserta didik yang kehilangan orang tuanya karena terpapar covid-19.

“Semoga ke depannya, beasiswa Karawang Cerdas bagi warga belajar di pendidikan kesetaraan bisa mewadahi anak-anak berprestasi dan tidak mampu seperti halnya di pendidikan formal,” harapnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Karawang, Asep Junaedi mengatakan, beasiswa siap dikucurkan sebagai bentuk kepedulian Pemkab Karawang kepada masyarakat dalam hal ini peserta didik yang menjadi korban covid-19.

“Beasiswa ini disediakan dalam rangka membantu peserta didik yang orang tua kandungnya meninggal dunia karena terpapar covid-19,” jelasnya.

Kadisdikpora meminta agar Korwilcambidik/Kepala Satdik mendata dan melaporkan peserta didik yang masih duduk di bangku sekolah jenjang SD, SMP, SMA atau Paket A, B dan C, melalui tautan: https://bit.ly/ANAK-YG-ORGTUAKANDUNG-TERPAPAR-COVID19 untuk didaftarkan dan diusulkan mendapat Beasiswa Karawang Cerdas.

“Pendaftaran dimulai sejak 30 Juli hingga akhir bulan Agustus 2021. Insyaallah nantinya peserta didik akan menerima beasiswa sebesar 1,4 juta per tahun,” paparnya. (ayi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here