Bersiap! PPDB SMP/MTs Dimulai 28 Juni

0

Tersedia 4 Jalur Pendaftaran

KARAWANG – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMP/MTs Negeri tahun pelajaran 2021/2022 di Kabupaten Karawang akan dimulai pada Senin, 28 Juni 2021. Seperti tahun sebelumnya, PPDB yang digelar secara online melalui laman https://ppdb.disdikpora.karawangkab.go.id kembali menyediakan 4 jalur pendaftaran.

Kasi Kurikulum Kesiswaan dan Ketenagaan, Bidang Pendidikan Sekolah Menengah Pertama (P-SMP), Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Karawang, Warju mengatakan, empat jalur yang disediakan yaitu zonasi, afirmasi (KETM, disabilitas dan disleksia), perpindahan tugas orang tua atau wali/luar kabupaten/anak guru dan tenaga kependidikan, dan prestasi (akademik dan nonakademik).

“Empat jalur tersebut akan dilaksanakan dalam empat tahap yang berlangsung mulai 28 Juni hingga 8 Juli,” ujar Warju, kepada KBE, Selasa (22/6/2021).

Tahap pertama, jelas Warju, akan berlangsung mulai 28 Juni hingga 1 Juli. Tahap ini diperuntukkan bagi calon peserta didik yang akan mendaftar melalui jalur zonasi satu desa dengan sekolah tujuan dengan kuota sebesar 50 persen, perpindahan tugas orang tua atau wali/luar kabupaten/anak guru dan tenaga kependidikan (5 persen), afirmasi KETM/disabilitas dan disleksia (20 persen), dan prestasi nonakademik (15 persen).

Kemudian, tahap kedua akan digelar 2-3 Juli. Tahap ini disediakan bagi calon peserta didik yang akan mendaftar melalui jalur zonasi desa yang berbatasan langsung dengan sekolah tujuan (apabila sisa kuota jalur zonasi satu desa dengan sekolah tujuan masih ada).

Untuk tahap ketiga akan dilaksanakan pada 5 dan 6 Juli untuk calon peserta didik yang akan mendaftar melalui jalur zonasi desa se-kecamatan dengan sekolah tujuan (apabila sisa kuota jalur zonasi desa yang berbatasan langsung dengan sekolah tujuan masih ada).

Sedangkan tahap terakhir atau keempat akan bergulir pada 7 dan 8 Juli untuk calon peserta didik yang akan mendaftar melalui jalur prestasi akademik (10 persen, ditambah dengan sisa kuota masing-masing jalur).

“Pengumuman hasil seleksi PPDB dapat dilihat melalui laman https://ppdb.disdikpora.karawangkab.go.id. Pengumuman tahap satu digelar pada 1 Juli, tahap dua pada 3 Juli, tahap tiga pada 6 Juli, dan tahap empat pada 8 Juli. Waktu pengumuman seluruh tahap berlangsung pukul 16.00 WIB,” jelasnya.

“Selanjutnya, bagi calon peserta didik yang diterima wajib melakukan daftar ulang yang dilaksanakan pada 9, 10, dan 12 Juli. Untuk hari pertama masuk sekolah akan berlangsung pada 19 Juli,” tambahnya.

Lebih lanjut Warju menuturkan, proses pendaftaran calon peserta didik dilakukan oleh panitia sekolah asal. Apabila ada kendala misalnya data ditolak karena sistem, maka pendaftaran bisa dilakukan di sekolah tujuan. Untuk siswa yang berasal dari luar Karawang, pendaftaran bisa juga dilakukan perorangan atau sekolah tujuan dengan menerapkan protokol kesehatan.

Mengenai persyaratan, terang Warju, jalur zonasi yaitu KK Karawang, legalisir nilai rapor dan ujian sekolah (kelas 4 dan 5 semester 1 dan 2, kelas 6 semester 1), dan DTA/sertifikat sekolah non muslim. Jalur perpindahan tugas orang tua atau wali/luar kabupaten/anak guru dan tenaga kependidikan yaitu KK, legalisir nilai rapor dan ujian sekolah (kelas 4 dan 5 semester 1 dan 2, kelas 6 semester 1), dan SK mutasi-SK guru/tendik-NUPTK.

Lalu, jalur afirmasi KETM yaitu KK Karawang, KIP/PKH/Pra Sejahtera DTKS/SIKS-NG, legalisir nilai rapor dan ujian sekolah (kelas 4 dan 5 semester 1 dan 2, kelas 6 semester 1), dan DTA/sertifikat sekolah non muslim. Jalur afirmasi disabilitas/disleksia yaitu KK Karawang, legalisir nilai rapor dan ujian sekolah (kelas 4 dan 5 semester 1 dan 2, kelas 6 semester 1), dan photo disabilitas fisik/surat keterangan dokter.

“Untuk jalur prestasi akademik yaitu KK Karawang, legalisir nilai rapor dan ujian sekolah (kelas 4 dan 5 semester 1 dan 2, kelas 6 semester 1), dan DTA/sertifikat sekolah non muslim. Sedangkan jalur prestasi nonakademik yaitu KK, legalisir nilai rapor dan ujian sekolah (kelas 4 dan 5 semester 1 dan 2, kelas 6 semester 1), dan sertifikat kejuaraan,” katanya. (ayi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here