Datangi SMAN 3, Dosen STIKes Kharisma Bicara Pentingnya Kesehatan Reproduksi

0
ISTIMEWA (YANA TOYYIB/KARAWANG BEKASI EKSPRES)

KARAWANG – Dalam rangka pengabdian kepada masyarakat. Sejumlah Dosen STIKes Kharisma memberikan pelatihan Duta Konselor Remaja Sehat Reproduksi kepada 100 siswa di SMAN 3 Karawang.

Marliana Rahma, M.Keb sebagai tim dosen serta mahasiswa STIKes Kharisma Karawang, menyampaikan bahwa program tersebut sengaja diberikan kepada setiap siswi. Karena dilatarbelakangi oleh minimnya informasi terkait kesehatan reproduksi di kalangan remaja. Dalam satu dekade ini kebutuhan akan informasi kesehatan reproduksi semakin menjadi kebutuhan, bagi remaja dan mendesak untuk segera diberikan.

“Karena ada begitu banyak kerugian yang dapat ditimbulkan dengan minimnya pengetahuan akan kesehatan reproduksi. Kurangnya pengetahuan remaja tentang kesehatan reproduksi berkait terhadap tingginya kasus Kehamilan Tidak Diinginkan (KTD), baik oleh remaja maupun perempuan yang telah menikah,” katanya kepada KBE, kemarin.

Selain itu, kata dia, kurangnya pengetahuan remaja tentang kebutuhan nutrisi terutama pada remaja perempuan untuk mempersiapkan kehamilan, beresiko menjadikan ibu hamil dengan anemia dan kurang energi kronik.

“Ibu hamil yang anemia beresiko melahirkan anak kecil dan stunting. Anak stunting akan tumbuh jadi remaja stunting, dan begitu seterusnya. Rantai ini dapat diputus mulai dengan intervensi yang bisa kita lakukan pada remaja melalui pelatihan duta konselor remaja sehat reproduksi,” terangnya.

Sementara menurut salah satu siswi SMAN 3 Karawang, Erike mengaku terbantu dengan adanya program pembekalan kesehatan yang diberikan oleh Stikes Kharisma. Karena tidak semua remaja atau siswa tahu dan bahkan paham tentang pentingnya reproduksi bagi wanita.

“Bagus banget kegiatannya jadi kita bisa mengenal dan tahu apa aja yang mesti dilakukan oleh wanita,” akunya. (oib)

tarik suara, puisi bahasa Indonesia tingkat SLTA/mahasiswa, melukis tingkat Provinsi Jawa Barat, pidato Bahasa Ingris tingkat SLTA/mahasiswa, gerak jalan, karya ilmiah serta memancing. “Semuanya ada 19 perlombaan yang dilombakan,” terangnya.

Tak hanya itu lebih meriah dalam setiap perlombaan yang dilombakan juga mengundang juri-juri yang ahli dibidang tersebut. Seperti hadirnya Abdurahman Abro yang merupakan pelukis nasional, Raden Aria Manggalan gitaris Band Angkasa, serta banyak lagi tamu-tamu besar lainnya dalam kegiatan tahunan itu. “Biar lebih semangat dan lebih meriah lagi dan ini berbeda dari tahun sebelumnya,” tuturnya.

Dia berharap bahwa di ulang tahun UBP yang ke-5 ini bisa membawa keluarga kampus semakin maju dan kompak. Serta mampu mencetak mahasiswa-mahasiswa yang nantinya bisa membawa bangsa dan negara khususnya Karawang lebih baik lagi. “Semoga apa yang menjadi impian atau visi misi kampus UBP bisa terwujud,” harapnya.

Kemeriahan tersebut juga disambut baik oleh kalangan pelajar lainnya seperti yang disampaikan Pembina OSIS SMAN 2 Telukjambe Timur, Husni Spd. Bahwa selain bisa menarik minat bakat siswa dalam perlombaan yang diselenggrakan oleh Kampus UBP Karawang, ini juga sangat baik dan bermanfaat.

“Bagus banget acaranya semoga kampus UBP Karawang sukses dan semakin maju serta dipercaya oleh masyarakat karawang,” ungkapnya. (oib)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here